Yuk, Berbagi Kebahagiaan Kurban untuk Para Penghafal Al-Qur’an di Ponpes Qoryatul Qur’an

Tak lama lagi kita akan masuk bulan Zulhijah yang memiliki banyak keutamaan di dalamnya. Merupakan salah satu bulan yang mulia dan istimewa. Banyak peluang bagi umat Islam untuk memperbanyak amalan saleh dengan harapan mendapat keberkahan dari Allah ﷻ.

Keutamaan sepuluh hari awal Zulhijah berlaku untuk amalan apa saja, tak terbatas pada amalan tertentu. Bisa dengan melaksanakan salat, bersedekah, baca Al-Qur’an, dan amal saleh lainnya. Amalan terbesar di bulan ini adalah dengan menunaikan ibadah haji ke Baitullah.

Namun, bagi kaum muslimin yang belum bisa berhaji, tentu saja masih banyak peluang ibadah lainnya. Di antara amalan yang sangat dianjurkan adalah berpuasa arafah (9 Zulhijah) dan menyembelih hewan kurban di hari nahr (10 Zulhijah) atau Hari Raya Iduladha, dan hari tasyrik (11-13 Zulhijah).

Kurban
Ajakan berkurban lewat QQ Peduli

Dalil pelaksanaan puasa arafah ada dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Muslim. Sementara perintah berkurban ada pada Surat Al Kautsar ayat 2 dan hadis riwayat Ibnu Majah. Dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

Puasa arafah (9 Zulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang.” (HR. Muslim)

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَا نْحَرْ 

Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kausar 108: Ayat 2)

مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلًا أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah ﷻ dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya & bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah ﷻ sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah)

Terkait pelaksanaan kurban di Hari Raya Iduladha 1444 H ini, PPTQ Qoryatul Qur’an melalui unit QQ Peduli kembali membuka kesempatan bagi kaum muslimin yang hendak berkurban untuk para pejuang penghafal Al-Qur’an.

Bagi masyarakat yang ingin berbagi kurban untuk para santri dengan hewan kambing bisa memilih Tipe A seharga Rp1.700.000, atau Tipe B harga Rp2.000.000, atau yang Tipe C dengan harga Rp2.500.000. Sementara untuk kurban sapi bisa secara kolektif dalam kelompok dengan harga Rp3.000.000. Harga tercantum sudah termasuk biaya operasional.

Donasi kurban bisa dijemput ke rumah oleh Tim QQ Peduli atau langsung diantar ke pondok. Bagi yang tak memungkinkan, bisa juga melalui transfer ke rekening QQ Peduli. Adapun rekening yang tersedia adalah BRI dengan nomor rekening 690801021326538 dan BSI dengan nomor rekening 3300550017. Keduanya atas nama QORYATUL QUR’AN PEDULI. Konfirmasi donasi kurban bisa menghubungi Ustaz Adi Prayogo di nomor WhatsApp 081329307198 atau 081515522227.

Demikian tentang program berbagi kebahagiaan kurban dari QQ Peduli. Semoga Allah ﷻ memberikan rezeki berlimpah berkah sehingga bisa digunakan untuk beribadah terutama berkurban dan berhaji di bulan Zulhijah ini. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Yuk, Berbagi Kebahagiaan Kurban untuk Para Penghafal Al-Qur’an di Ponpes Qoryatul Qur’an"