Santri Putra Kelas 9 MTsTQ dan 12 MATQ Qoryatul Qur’an Ikuti Ujian Khitobah di Komplek Kauman

PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar ujian khitobah untuk para santri kelas 9 MTs (Kauman) dan 12 MA (Alasombo) tahun ajaran 2023/2024, bertempat di komplek Kauman. Dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Mei 2024, dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Agenda ini merupakan rangkaian ujian akhir kelulusan. Ujian khitobah menjadi salah satu syarat kelulusan untuk kelas 9 MTs dan 12 MA. Untuk kelas 9 MTs khitobah bahasa Indonesia dan kelas 12 MA khitobah bahasa Arab.

Ujian khitobah
Ujian khitobah santri kelas 9 dan 12

Pada acara pembukaan yang dihadiri segenap asatiz komplek Kauman dan seluruh santri putra, Kepala Unit MTs PPTQ Qoryatul Qur’an Agus Umar Ar-Rifai, S.Pd.I menyampaikan bahwa tujuan khitobah untuk menunjukkan hasil belajar selama 3 tahun mondok di PPTQ Qoryatul Qur’an.

Pembukaan khitobah
Suasana acara pembukaan

Sementara itu, Wadir Pendidikan Ustaz Faris Ahmad, Lc, punya harapan besar, semoga dari para santri semua nanti, alumni Qoryatul Qur’an, ada yang menjadi dai nasional maupun internasional seperti Ustaz Adi Hidayat, Gus Baha, atau Ustaz Salim A. Fillah, dan lainnya.

Ketua pelaksana kegiatan ini adalah Ustaz Muhammad Afif, dibantu Ustaz Afan Dwi Mahendra, S.Pd dan Ustaz Ahmad Bahruddin selaku sekretaris. Bendahara dipegang langsung oleh Ustaz Yusuf Nashiruddin, S.Pd.

Acara inti khitobah dibagi di 3 tempat, yakni aula atas komplek, maktabah komplek, dan di gedung baru komplek Kauman. Para santri yang melaksanakan ujian akan dinilai langsung oleh dewan penguji yang kompeten di bidangnya.

Penguji tingkat MTs ada Ustaz Rosyid (penguasaan materi dan ketepatan waktu), Ustaz Muhammad Rifai (penampilan pakaian, retorika, dan mental), dibantu Ustaz Afan Mahendra, S.Pd dan Ustaz Sigit Aji Kurniawan.

Sementara untuk penguji tingkat MA dipercayakan kepada Ustaz Husen Khoiruddin, S.Pd (penguasaan materi dan ketepatan waktu) dan Ustaz Muhammad Afif (penampilan pakaian, retorika, dan mental).

Ujian khitobah berlangsung dengan seru. Para santri dengan penuh rasa percaya diri menunjukkan kemampuannya sebagai hasil pembelajaran selama ini. Sebagai penghargaan, pesantren memberikan apresiasi kepada peserta ujian terbaik.

Khitobah
Apresiasi untuk peserta terbaik

Untuk kelas 12 MA peringkat terbaiknya adalah Romzy Thoriq Nur Iman sebagai juara 1. Lalu, Fahlevi Rezza Mussafa sebagai juara 2. Kemudian, Alwan Al Ghozi sebagai juara 3. Selamat untuk peraih peringkai 1, 2, dan 3. Semoga menjadi motivasi lebih baik lagi ke depannya.

Selanjutnya, untuk MTs kelas 9A juara 1 berhasil diraih oleh Ikhwan Rihadatul Aisyi dan juara 2 diraih Anasi Khadin Maula Akbar. Kelas 9B juara 1 Rifqi Atsal Amrullah dan juara 2 Muhammad Yusuf Musa. Selamat untuk semua juara dan semua peserta ujian yang luar biasa!

Kontributor: Ustaz Lathif Mukhlisin, S.Ag dan Ustaz Aldi Ahmad

Posting Komentar untuk "Santri Putra Kelas 9 MTsTQ dan 12 MATQ Qoryatul Qur’an Ikuti Ujian Khitobah di Komplek Kauman"