Saqofatul Nursela, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan Setorkan Hafalan Juz Amma

Saqofatul Nursela, salah satu santri Griya Tahfizh (GT) Qoryatul Qur’an (QQ) Jetis Krajan berhasil menyelesaikan hafalan Juz Amma. Untuk penghafal pemula memang cenderung memilih juz 30 sebagai permulaan menghafal Al-Qur’an.

Juz ini lebih mudah dihafalkan terutama anak-anak karena berisikan kumpulan surat-surat pendek yang sebagian besar sudah akrab di telinga. Sering dibaca saat salat jemaah di masjid-masjid di kampung.

Juz Amma juga populer dibaca ketika masih belajar mengenal huruf hijaiyah melalui sarana buku iqro atau sejenisnya. Jadi untuk memulai hafalan Al-Qur’an, wajar banyak yang memilih memulai dari juz terakhir ini.

Surat-surat pendek dalam Juz Amma sebagian besar diturunkan di Mekkah atau biasa disebut surat Makkiyah. Total keseluruhan surat pendek yang dikandung juz 30 berjumlah 37 surat. Masing-masing surat disusun sesuai dengan urutan dalam mushaf Al-Qur’an.

Juz 30 dalam Al-Qur’an ini dimulai dari Surat An Naba yang kata pertamanya adalah Amma sehingga juz 30 disebut Juz Amma. Ditutup dengan urutan surat terakhir, surat ke-114, yakni Surat An Nas.

Saqofatul Nursela
Saqofatul Nursela

Saqofatul Nursela menyelesaikan hafalan Juz Amma dan menyetorkannya pada Ustazah Ida pada hari Ahad, 19 Mei 2024 saat berlangsung kegiatan belajar di GT QQ Jetis Krajan.

Santri yang biasa dipanggil dengan nama Sela ini adalah putri dari Bapak Slamet dan Ibu Wahyuni yang beralamat di Jetis, Krajan, Weru. Terlahir di Sukoharjo, 24 April 2009.

Sela saat ini bersekolah di MTs Muhammadiyah Sangen, duduk di kelas 9. Mengaku hobi baca dan bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Punya kebiasaan menghafal setelah melaksanakan Salar Asar.

Belajar di GT QQ Jetis Krajan, bagi Sela terasa sangat menyenangkan. Bisa lebih fokus menghafalkan Al-Qur’an dengan dipandu asatiz yang sebagian juga mengajar di PPTQ Qoryatul Qur’an.

Semoga hafalan juz 30 ini menjadikan Sela bersemangat lagi untuk menghafalkan juz-juz selanjutnya. Semoga Sela bisa menuntaskannya sampai 30 juz sehingga membuat kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tuanya.

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "Saqofatul Nursela, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan Setorkan Hafalan Juz Amma"