Pembukaan Tazwid Kelas Akhir 2023/2024 Unit MATQ Qoryatul Qur’an di Komplek Pucung

Sebagai pembekalan untuk para santri kelas akhir di PPTQ Qoryatul Qur’an yang akan wisuda, maka pesantren menggelar pekan Tazwid bagi kelas 3 MTs dan 3 MA baik putra maupun putri.

Untuk unit MA putri, dilaksanakan di PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Pucung. Acara pembukaan kegiatan Tazwid Kelas Akhir dilaksanakan pada hari Jumat, 31 Mei 2024 pada pukul 06.00 WIB hingga selesai.

Tujuan kegiatan tazwid atau pembekalan ini di antaranya adalah penanaman visi misi dan nilai-nilai perjuangan pesantren. Kemudian membangun dan menumbuhkan loyalitas atau jiwa kesetiaan.

Kegiatan pembekalan ini menjadi momentum untuk mengarahkan santri setelah lulus sekaligus menitipkan pesan agar mereka bisa menjaga nama baik almamater di manapun mereka berada nantinya setelah lulus.

Tazwid
Ustaz Nasrudin berpesan agar santri kelas akhir mengikuti tazwid dengan baik

Kepala Komplek Pucung, Ustaz Nasrudin Al Hafizh, menyampaikan pesan agar para santri kelas akhir memanfaatkan kegiatan tazwid dengan sebaik-baiknya, karena tazwid kali berbeda dengan tahun sebelumnya.

Menurut informasi dari Ustaz Nasrudin, pada tazwid tahun ini pesantren mengundang beberapa pemateri asatizah Soloraya, di antaranya adalah Ustaz Agus Syarifuddin, Ustaz Ihsan Saifudin, Ustaz Khoirul Umam, Ustaz Fajar, Ustaz Sujud, Ustazah Dewi, dan sebagainya.

“Berusahalah memahami setiap apa yang disampaikan oleh pemateri,” pesan beliau. Untuk itu, karena kegiatan tazwid merupakan kegiatan yang baik, maka perlu diawali meluruskan niat ikhlas karena Allah.

Ustaz mengingatkan bahwa para salafush shalih diberi gelar radhiyallahu anhum adalah karena terus mengerjakan kebaikan dan mengikuti jejak Rasulullah sehingga dicintai dan diridai oleh Allah dan dijanjikan surga, sebagaimana disebut dalam Surat At Taubah ayat 100.

Apa yang menjadi pesan dari kepala komplek harapannya bisa dimaklumi para santri. Semoga dengan arahan tersebut bisa menjadi landasan dasar mereka dalam mengikuti setiap program yang dilaksanakan pada kegiatan Tazwid Kelas Akhir ini.

Sebagai informasi, bahwa kegiatan Tazwid Kelas Akhir merupakan program sentuhan akhir kaderisasi pesantren murni untuk memahamkan fikrah dan menanamkan nilai-nilai perjuangan serta mendudukkan posisi pesantren dalam perjuangan tersebut.

Kontributor: Ustazah Chandrika Zahriya Anggadini

Posting Komentar untuk "Pembukaan Tazwid Kelas Akhir 2023/2024 Unit MATQ Qoryatul Qur’an di Komplek Pucung"