Khoirul Syauqi Zamzami, Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Tasmi’an Qur’an 15 Juz Sekali Majelis Bil Ghaib

Alhamdulillah pada hari Senin, 13 Mei 2024, mahasantri atas nama Khoirul Syauqi Zamzami melaksanakan ujian akhir tahfizh 15 juz sekali majelis bil ghaib. 

Ujian tahfizh ini spesial karena permintaan Bapak Karlan untuk bisa membacakan Al-Qur’an di rumah beliau agar terus diberikan keberkahan bagi keluarga pemangku wilayah komplek Jonggring Saloka tersebut.

Apa yang menjadi harapan Bapak Karlan tentu saja tidak berlebihan karena selaras dengan apa yang pernah disabdakan Rasulullah Muhammad ﷺ dalam salah satu hadis beliau.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رضي الله عنه، كَانَ يَقُولُ: إِنَّ الْبَيْتَ لَيَتَّسِعُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ وَتَهْجُرُهُ الشَّيَاطِينُ، وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ أَنْ يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ، وَإِنَّ الْبَيْتَ لَيَضِيقُ عَلَى أَهْلِهِ وَتَهْجُرُهُ الْمَلَائِكَةُ، وَتَحْضُرُهُ الشَّيَاطِينُ، وَيَقِلُّ خَيْرُهُ أَنْ لَا يُقْرَأَ فِيهِ الْقُرْآنُ

Dari Abu Hurairah raḍiyallahu’anhu dia berkata, “Sesungguhnya rumah akan terasa luas bagi penghuninya, para malaikat akan mendatanginya, setan-setan akan menjauhi, dan kebaikannya akan bertambah jika Al-Qur’an dibaca di dalamnya. Sungguh rumah akan terasa sempit bagi penghuninya, para malaikat menjauhinya, setan-setan datang, dan kebaikannya berkurang jika di dalamnya tidak dibacakan Al-Qur’an.” (H.R. Ad-Darimi)

Ujian tasmi’an Qur’an 15 juz dimulai pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan pembukaan oleh Ustaz Zaky Zayrofi selaku Bagian Tahfizh Kompleks Jonggring Saloka. Ujian tasmi’ berlangsung khidmat dan sampai selesai pukul 17.00 WIB.

Khoirul Syauqi Zamzami
Khoirul Syauqi Zamzami ujian tasmi' 15 juz

Malamnya, bakda Salat Isya atau sekitar pukul 20.00 WIB dilaksanakan puncak acara tasmi' 15 juz sekali majelis bil ghaib ini yang dihadiri Mudir Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I dan Ustaz Salman Alfarisi selaku Bagian Kepengasuhan Ma’had Aly Qoryatul Qur’an.

Khoirul Syauqi Zamzami membacakan ayat-ayat terakhir yang disetorkan kemudian membaca doa khatmil Qur’an. Lega sudah, ujian tasmi' berakhir sukses. Acara berlanjut dengan ucapan selamat dari pesantren yang diwakili oleh Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc. M.H.I.

Khoirul Syauqi Zamzami
Ustaz Luthfi berikan ucapan selamat pada Khoirul Syauqi Zamzami

Pesantren juga memfasilitasi menyambungkan via online kepada wali dari Khoirul Syauqi Zamzami yang berada di Balikpapan untuk mengucapkan selamat atas ujian yang telah ditempuh sang anak.

Orang tua dari Khoirul Syauqi Zamzami sangat berterima kasih sekali kepada seluruh asatiz atas bimbingan selama ini dan kepada teman-teman seperjuangan hingga ananda bisa melampaui sampai titik sekarang ini.

Acara dilanjutkan nasihat yang disampaikan oleh Ustaz Salman Alfarisi Al Hafizh. Beliau memberikan pesan bahwa kemuliaan penghafal Al-Qur’an adalah sesuatu yang mahal dan kita wajib bangga Allah ﷻ pilihkan kita bersama ahlul Qur’an. Kemudian beliau menutup dengan memimpin doa.

Khoirul Syauqi Zamzami
Ustaz Salman berikan nasihat dan memimpin doa penutup

Untuk selanjutnya, PPTQ Qoryatul Qur’an mengucapkan jazakumullah khairan katsiran kepada Bapak Karlan yang telah memfasilitasi mahasantri untuk melaksanakan ujian tasmi' di rumah beliau. Teriring doa, semoga Allah ﷻ senantiasa menjaga dan memberkahi beliau sekeluarga serta apa yang dihajatkan beliau Allah ﷻ kabulkan.

Akhirnya, harapan kita bersama semoga PPTQ Qoryatul Qur’an bisa terus mencetak kader-kader dai penghafal Al-Qur’an terbaik dan kita semua Allah ﷻ masukkan sebagai ahlul Qur’an yang Allah sebutkan sebagai keluarga Allah yang dikhususkan. Aamiin.

Reporter: Ustaz Khoiruddin

2 komentar untuk "Khoirul Syauqi Zamzami, Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Tasmi’an Qur’an 15 Juz Sekali Majelis Bil Ghaib"

  1. Subhanallah, keren banget! Bagiku salah satu pencapaian besar yang sulit untuk diraih dalam menjadi penghafal Alquran walaupun hanya satu juz. Padahal kita sama-sama tahu kalau menjadi penghafal Alquran itu memiliki kebaikan yang luar biasa. Sekarang banyak sekali anak-anak baik anak kecil maupun dewasa muda yang berhasil menjadi penghafal Alquran. Hal ini kadang-kadang bikin aku ngerasa minder, tapi di sisi lain bisa jadi acuan untuk menghafal Alquran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak Vina... Bersyukur sekarang sudah banyak griya tahfizh maupun pesantren tahfizh yang didirikan. Semoga negeri kita makmur dalam berkah Al-Qur'an...

      Hapus