Nova Permatasari, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas Xll Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz

Salah satu ibadah mulia ketika dilakukan dengan ikhlas karena Allah ﷻ adalah menghafalkan Al-Qur’an. Para penghafal Al-Qur’an merupakan orang-orang yang Allah ﷻ berikan kemampuan untuk mengingat ayat-ayat Al-Qur’an.

Dalam salah satu ayat Al-Qur'an, Allah ﷻ berfirman yang artinya, “Bahkan, Al-Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu.” (QS. Al-Ankabut ayat 49)

Allah ﷻ akan menempatkan kedudukan berharga di sisi-Nya bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an. Dengannya akan memberikan keselamatan bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Al-Qur’an juga memiliki keutamaan yang memberikan manfaat dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Berharap keberkahan Al-Qur’an maka para santri PPTQ Qoryatul Qur’an tak kenal lelah dalam menghafalkannya.

Kabar gembira bermunculan dengan tuntasnya setoran 30 juz para santri. Di antaranya adalah Nova Permatasari, santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas Xll Imtaq yang menyelesaikan hafalan pada hari Selasa, 26 Maret 2024 lalu.

Remaja yang biasa dipanggil Nova ini membutuhkan waktu menghafal selama 2 tahun 8 bulan. Setoran juz terakhirnya adalah juz 25 yang disimak oleh Ustazah Nafi Aritamala di asrama komplek Jetis.

Nova Permatasari
Nova Permatasari

“Alhamdulillah atas izin Allah dan doa orang tua maupun ustaz-ustazah, saya bisa menyelesaikan setoran hafalan 30 juz,” ungkap santri kelahiran Sukoharjo, 17 November 2005 ini penuh rasa syukur.

Nova berasal dari Selo RT 02 RW 03 Pojok, Tawangsari, Sukoharjo ini adalah putri pertama dari 3 bersaudara, pasangan Bapak Hartono dan Ibu Yuli Kristanti. Semoga selesainya hafalan juga mengangkat tinggi derajat keluarga Nova di sisi Allah.

Santri putri yang hobi melukis ini punya cita-cita kelak dewasa menjadi seorang pengusaha sukses. Dengan kesuksesan sebagai pengusaha, tentu ia berharap bisa sukses di dunia dan akhirat dengan harta dan ilmu yang bermanfaat.

Soal kesulitan saat menghafal, Nova menyemangati diri dengan mengingat QS Al Insyirah bahwa pada kesulitan terdapat kemudahan-kemudahan. Kiat menghafal Nova dengan dibaca artinya, lalu baca ayatnya, kemudian barulah dihafal.

Sebagai penutup, Nova mengatakan, “Makna sukses bagi seorang mukmin adalah menjadi yang terbaik di mata Allah.”

Turut berbahagia atas capaian Nova Permatasari, semoga Allah selalu memberi kemudahan untuk menjaga hafalan serta mengamalkannya. Kita berharap ini bisa menjadi motivasi untuk para santri lainnya yang masih berproses menghafal.

Kontributor: Ustazah Nafi Arytamala

2 komentar untuk "Nova Permatasari, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas Xll Imtaq Selesaikan Hafalan 30 Juz"

  1. Subhanallah ananda Nova Permatasari telah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an nya, semoga tetap terjaga hafalannya 🤲

    BalasHapus
  2. Masya Allah...semiga hafalan qurannya membawa keberkahan dalam hidup

    BalasHapus