Halalbihalal Keluarga Besar PPTQ Qoryatul Qur’an, Merajut Tali Ukhuwah Menuai Berkah

Ahad, 28 April 2024. Keluarga besar PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar acara halalbihalal dengan mengusung tema “Merajut Tali Ukhuwah Menuai Berkah”. Dilaksanakan pagi sekira pukul 09.00 WIB di gedung baru komplek Kauman, Jatingarang, Weru.

Kegiatan yang bertujuan mempererat tali silaturahmi dengan saling maaf-memaafkan ini dihadiri segenap pengurus Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman, jajaran direktorat, para sesepuh pesantren, para tokoh pemangku wilayah tiap komplek, dan segenap SDM pesantren yang hadir bersama keluarga masing-masing.

Ucapan selamat datang dari panitia diwakili oleh Bapak H. Didik Efendi, ST. Sambutan yayasan diwakili oleh Bapak H. Sriyono karena ketua yayasan Bapak H. Wiyana izin tidak bisa hadir karena menunggu istri beliau yang sedang diuji sakit, kita doakan semoga lekas sehat kembali.

Halalbihalal QQ
Halalbihalal antar asatiz dengan yayasan dan sesepuh pesantren

Prosesi ikrar halalbihalal dari asatiz selaku pihak muda diwakili oleh Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I. Tanggapan ikrar halalbihalal dari pihak sepuh diwakili oleh Bapak H. Sriyono. Semoga dengan ikrar ini semua salah yang disengaja dan tidak disengaja bisa lebur saling maaf-memaafkan.

Acara juga diisi dengan nasihat dan petuah dari para sesepuh sebagai bekal untuk para asatiz dalam menjalani kehidupan selanjutnya dalam membina para santri di PPTQ Qoryatul Qur’an. Menjadi ciri khas muslim untuk saling nasihat-menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Halalbihalal
Suasana acara halalbihalal di komplek Kauman

Seluruh rangkaian acara halalbihalal diakhir dengan makan bersama kemudian dilanjut saling bersalaman satu sama lain. Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah.” (HR Abu Dawud dan At Tirmidzi)

Tradisi halalbihalal seperti yang digelar PPTQ Qoryatul Qur’an ini banyak dilakukan masyarakat Indonesia setelah Idulfitri yang ditandai dengan saling bersalaman dan mengucapkan mohon maaf lahir batin. Semoga acara ini menurunkan rahmat dan ampunan dari Allah ﷻ.

Akhirnya, turut mengucapkan Selamat Idulfitri 1445 H, semoga cahaya iman senantiasa menerangi hati kita di setiap langkah. Mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua menjadi pribadi yang lebih baik setelah ditempa didikan bulan Ramadan. Semoga kebersamaan keluarga besar PPTQ Qoryatul Qur’an menjadi ladang berkah dan kebahagiaan.

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "Halalbihalal Keluarga Besar PPTQ Qoryatul Qur’an, Merajut Tali Ukhuwah Menuai Berkah"