Kajian Motivasi Dakwah Pedalaman Papua Bersama Ustaz Hasan Christo Tri Kuntoro

Hari Ahad, 24 Maret 2024. PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Kauman menggelar kajian motivasi bersama seorang dai pedalaman Papua, yakni Ustaz Hasan Christo Tri Kuntoro alias Ustaz Hasan Tito.

Kajian dilaksanakan di panggung Kampung Ramadan dalam 2 sesi, yang pertama setelah Salat Magrib dan berbuka puasa sampai tiba waktu Salat Isya. Sesi kedua terlaksana setelah melaksanakan Salat Tarawih berjemaah.

Kajian yang diikuti seluruh santri putra komplek Kauman ini dipandu oleh Ustaz Syamsani Kurniawan selaku moderator. Narasumber utama Ustaz Hasan Tito yang berkenan sharing pengalaman berdakwah di Papua dengan segala suka-dukanya di sana.

Ustaz Hasan Tito
Ustaz Hasan sampaikan motivasi dakwah

Ustaz Hasan mengatakan bahwa dai di sana mendapat dukungan dari pejabat yang berwenang dalam berdakwah. Bahkan waktu kerusuhan terjadi, dakwah di daerah Sorong oleh dikawal pengamanan para marinir bersenjata lengkap.

Ustaz juga bercerita tentang perasaan terombang-ambing dalam kapal kecil di lautan luas, perasaan takut menghantui tapi karena semua demi dakwah maka tawakal saja maka pasti Allah ﷻ bantu.

Beliau menyarankan Masga Qoryatul Qur’an untuk ikut berlatih sehingga menambah semangat jihad dan dakwah dengan menghadapi alam yang menantang, yang akan berguna di manapun kelak berjuang.

Allah ﷻ pasti menolong orang yang berjuang dalam berdakwah dan meninggikan agama-Nya. Apapun rintangan dan tantangan yang menghadang, seberapa pun besarnya, akan selalu ada kemudahan dari-Nya.

Santri QQ Kauman
Kajian diikuti segenap santri komplek Kauman

Ustaz Hasan mengatakan, jika dalam berdakwah mendapatkan cemoohan jangan dibalas dengan cemoohan, senyum saja, tetap tunjukkan bagaimana indahnya Islam. Kalau mereka marah senyum saja, dakwah terbaik bagi mereka adalah dengan menunjukkan akhlak Islami dahulu.

Ustaz mengharapkan agar para santri PPTQ Qoryatul Qur’an bisa menyebarkan ilmu yang telah didapatkan ketika di pondok pesantren untuk disebarkan di masyarakat lingkungan rumahnya.

Hendaklah sebagai santri, ikut aktif andil dalam memajukan kegiatan keislaman di desanya masing-masing. Ustaz mendoakan semoga santri Qoryatul Qur’an menjadi pelopor dakwah di tempat asalnya dan di tempat lain untuk menjayakan Islam.

Dakwah pedalaman
Penyerahan kontribusi dakwah pedalaman

Kajian berakhir dengan penyerahan kontribusi dari Qoryatul Qur’an untuk dakwah pedalaman Papua, yang secara simbolis diserahkan oleh Ustaz Syamsani Kurniawan yang diterima langsung oleh Ustaz Hasan Christo Tri Kuntoro.

Kontributor: Ustaz Muhammad Rizal Habib

Posting Komentar untuk "Kajian Motivasi Dakwah Pedalaman Papua Bersama Ustaz Hasan Christo Tri Kuntoro"