IPHI Kecamatan Weru dan QQ Peduli Laksanakan Kegiatan Donor Darah untuk Bantu Stok Darah PMI di Bulan Ramadan

IPHI Kecamatan Weru kembali bersinergi dengan PPTQ Qoryatul Qur’an melalui lini QQ Peduli menggelar kegiatan donor darah di awal bulan Maret 2024. Tepatnya pada hari Sabtu, 2 Maret 2024, dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai selesai waktu zuhur.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Gedung IPHI Kecamatan Weru yang beralamat di Dukuh Tlemek, Desa Karanganyar, Kecamatan Weru. Tak hanya untuk kalangan pesantren atau internal IPHI, kegiatan sosial ini terbuka untuk umum.

Donor darah
Donor darah di Gedung IPHI Weru

Menurut Ustaz Adi Prayogo, M.Pd selaku koordinator QQ Peduli, selain menjadi agenda rutin, istimewa untuk bulan ini adalah untuk membantu stok darah di PMI jelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Donor darah, menurut Wikipedia, adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Siapa saja boleh mengikuti kegiatan rutin yang digelar IPHI Weru dan QQ Peduli ini, asalkan memenuhi persyaratan. Beberapa persyaratan seorang pendonor, dikutip dari halodoc.com, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pendonor minimal harus berusia 17 tahun dan maksimal 70 tahun. Memiliki berat badan minimalnya adalah 45 kg. Wanita tidak boleh mendonorkan darah selama periode menstruasi.

Memiliki tekanan darah sistole di bawah 180 dan diastole di bawah 100. Angka ini untuk orang dengan tekanan darah yang cenderung tinggi. Tekanan darah sistole/diastole yang aman sekitar 90/50 bagi pengidap darah rendah.

Memiliki kadar hemoglobin yang normal. Jumlahnya berkisar 12.5–17 gram (g) of hemoglobin per deciliter (dL), dan tidak lebih dari 20 grams (g) of hemoglobin per deciliter (dL).

Tidak mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar, tidak merokok, dan menghindari perilaku berisiko tinggi yang dapat mengkontaminasi darah. Tidak memiliki riwayat menggunakan jarum suntik secara bersamaan. 

Menunggu sekitar 8 minggu atau lebih sebelum mendonorkan darah lagi. Tidak mengidap flu, pilek, sakit tenggorokan, gastroenteritis, atau penyakit infeksi lainnya. Tidak menggunakan narkoba atau obat-obatan yang mengontaminasi darah. Bukan pengidap penyakit hepatitis B, sifilis, dan HIV.

Donor darah
Para tokoh ikut mendonorkan darah

Pelaksanaan donor darah berlangsung lancar. Yang datang pada kegiatan donor darah di IPHI Weru ada 105 orang. Yang di-skrining 94 orang. Tidak lolos skrining 21, lolos skrining 73. Sehingga total mendapatkan 73 kantong darah.

Posting Komentar untuk "IPHI Kecamatan Weru dan QQ Peduli Laksanakan Kegiatan Donor Darah untuk Bantu Stok Darah PMI di Bulan Ramadan"