Anak-Anak TPA di Masjid Fisabilillah Ikuti Acara Berkisah bersama Ustaz Adi Prayogo

Sabtu, 30 Maret 2024, PPTQ Qoryatul Qur’an memiliki agenda buka bersama dengan masyarakat binaan di Masjid Fisabilillah Jurang, Pijiharjo, Manyaran. Tim sudah berangkat sebelum azan Asar untuk bersama menyiapkan menu ifthar.

Setelah Salat Asar berjemaah bersama masyarakat, dilaksanakan kegiatan bersama anak-anak TPA. Anak-anak generasi penerus ini sudah berdatangan ke Masjid Fisabilillah bahkan sebagian ikut berjemaah Asar.

Acara dipandu salah satu santri yang turut berangkat ke Jurang, yakni Mas Shodiqin. Ia mengajak anak-anak mengawali pertemuan dengan membaca basmalah, lalu menawarkan siapa yang berani maju hafalan surat pendek.

Salah satu anak TPA putri bernama Dik Anis maju untuk membaca Surat An Nas yang dihafalkannya. Barulah kemudian acara inti dimulai. Mas Shodiqin mempersilakan Ustaz Adi Prayogo, M.Pd untuk maju ke depan.

Acara berkisah bersama Ustaz Adi Prayogo pun dimulai. Dengan gaya khasnya, Ustaz Adi Prayogo mengawali dengan menirukan beberapa suara hewan untuk ditebak anak-anak TPQ. Mereka pun langsung antusias memperhatikan Ustaz Adi atau yang kali ini memperkenalkan diri dengan Kak Adi.

Ustaz Adi Prayogo
Kak Adi berkisah bersama anak-anak TPA Dukuh Jurang

Kak Adi mengondisikan anak-anak agar siap mendengarkan kisahnya dengan beberapa game konsentrasi. Anak-anak pun berkali terjebak dengan permainan kata-kata dari Kak Adi dan bergelak tawa ceria.

Kak Adi bertanya apakah anak-anak berpuasa atau tidak. Sebagian mengaku berpuasa sehari penuh, ada yang setengah hari, dan ada yang tidak berpuasa. Kak Adi lalu menyarankan yang belum puasa untuk berlatih puasa semampunya.

Kak Adi berkisah tentang seorang pemuda yang sedang sedih karena banyak terjadi perang. Yang kalah menjadi tahanan, yang menang berpesta, bahkan dengan mabuk dan menyewa penyanyi yang suka berjoget-joget.

Kak Adi mengingatkan agar anak-anak jangan suka berkelahi atau bermusuhan dengan teman yang lain. Selain itu juga agar tidak mengikuti perbuatan-perbuatan buruk yang biasa dilakukan orang berpesta kemenangan.

TPA Fisabilillah
Suasana acara di TPA Fisabilillah Jurang

Selanjutnya, Kak Adi berkisah tentang Nabi Muhammad yang menerima wahyu pertama dari Allah di Gua Hira berupa Surat Al Alaq ayat 1-5. Kak Adi menyampaikan dengan pertanyaan-pertanyaan, anak yang menjawab diberi hadiah uang.

Selain itu, Kak Adi juga memberi hadiah uang untuk anak-anak yang berani maju membaca surat pendek atau menyambung ayat yang dibaca Kak Agen. Sampai semua anak mendapatkan hadiah merata.

Anak-anak terlihat senang dengan penyajian kisah oleh Kak Adi tersebut. Selesai acara berkisah, anak-anak dibagikan snack satu per satu, tapi untuk memakannya nanti menunggu azan Magrib waktu berbuka puasa.

Posting Komentar untuk "Anak-Anak TPA di Masjid Fisabilillah Ikuti Acara Berkisah bersama Ustaz Adi Prayogo"