Pengajian Perdana Qoryatul Qur’an di Masjid Fisabilillah Jurang bersama Ustaz Ngatemin

Menindaklanjuti program dakwah ke masyarakat pedalaman, Tim Dakwah PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar pengajian umum perdana untuk masyarakat Dusun Jurang, Pijiharjo, Manyaran, Wonogiri.

Pengajian dilaksanakan setelah melaksanakan Salat Isya berjemaah di Masjid Fisabilillah Jurang, dengan koordinasi bersama pemangku wilayah dan pihak takmir masjid. Pengajian perdana dihadiri para warga Jurang dengan penuh semangat.

Berkenan menjadi pemandu acara adalah Kepala Dusun Jurang Bapak Larman. Beliau mengucapkan selamat datang kepada para asatiz dari PPTQ Qoryatul Qur’an dan Ustaz Drs. H. Ngatemin, MA dari Semin, Gunungkidul yang telah hadir di Jurang. 

Pertemuan diawali dengan bacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilafalkan oleh Ustaz Salman Al Farisi Al Hafiz. Selanjutnya sambutan dari Takmir Masjid Fisabilillah Jurang oleh Bapak Suroto.

Ketua takmir menyampaikan keharuannya atas kehadiran para ustaz dari PPTQ Qoryatul Qur’an dan Ustaz Ngatemin. Kepada warga Dusun Jurang yang hadir ikut pengajian, beliau mengajak untuk bisa mendengarkan tausiah dengan baik agar mendapat berkah ilmu.

Sambutan kedua dari perwakilan PPTQ Qoryatul Qur’an yang disampaikan oleh Wadir Dakwah Ustaz Bambang Wahyudi, SE. Ustaz Bambang menyampaikan bahwa sebelum pandemi Covid-19 sudah pernah silaturahmi ke Jurang ini.

Ustaz Bambang mengatakan bahwa ini adalah tindak lanjut silaturahmi tersebut, dengan mengadakan pengajian rutin sebulan sekali bagi masyarakat Jurang, dimulai pada malam hari ini. Harapannya agar bermanfaat bagi perkembangan keilmuan agama masyarakat Jurang.

Acara inti pengajian umum disampaikan oleh Ustaz Drs. H. Ngatemin, MA dari Semin, Gunungkidul dengan tema motivasi menuntut ilmu dan salat.

Ustaz Ngatemin
Ustaz Ngatemin mengisi kajian di Jurang

Ustaz Ngatemin mengawali tausiah dengan mengajak hadirin membaca bersama-sama salah satu ayat Al-Qur’an, yakni yang terdapat dalam Surat Al-Hajj ayat 77.

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُواارْكَعُوْا وَا سْجُدُوْا وَ اعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَا فْعَلُوْا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ 

Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan agar kamu beruntung.” (QS. Al-Hajj 22: Ayat 77)

Ayat di atas, menurut Ustaz Ngatemin, menyebutkan bahwa syarat keberuntungan adalah ruku dan sujud pada Allah atau salat. Kemudian berbuat kebaikan atau beramal saleh.

Manusia pasti mati, agar mati diterima Allah dan mendapat keberuntungan di sisi-Nya, hendaklah memenuhi 4 hal yakni Islam, iman, takwa, dan amal saleh.

Sambutan-sambutan
MC, tilawah, sambutan takmir dan perwakilan QQ

Manusia adalah tempat kesalahan, maka Allah memberikan cara menggugurkan dosa, yakni dengan berwudu dengan sempurna dan melaksanakan salat. Ini disebutkan dalam sebuah hadis.

لَا يَتَوَضَّأُ رَجُلٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهُ ثُمَّ يُصَلِّي الصَّلَاةَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الصَّلَاةِ الَّتِي تَلِيهَا

Tidaklah seorang muslim berwudu lalu ia menyempurnakan wudunya dan melaksanakan salat, kecuali Allah akan mengampuni dosa-dosa yang dilakukannya antara salat yang dia kerjakan itu sampai dengan salat berikutnya.” (Muttafaqun ’alaihi)

Wudu adalah jenis taharah (bersuci) pada dasarnya adalah ibadah untuk menghilangkan hadas atau kotoran. Tetapi, Imam al-Ghazali berpendapat bahwa taharah bukan hanya soal membersihkan kotoran, tetapi juga membersihkan sesuatu yang bersifat batin.

Pengajian di Jurang
Jemaah menyimak tausiah Ustaz Ngatemin

Jadi menyempurnakan wudu dalam segala kondisi, langkah menuju masjid, dan menunggu waktu salat dapat menghapus dosa dan mengangkat derajat juga akan didoakan oleh para malaikat. Dan inilah keuntungan kita datang ke masjid.

Ustaz Ngatemin menerangkan dengan gaya khas beliau yang lucu dan menghibur sehingga jemaah riuh penuh gelak tawa. Namun tetap berisi dengan ilmu agama yang beliau sampaikan.

Kajian malam Ahad
Ustaz Ngatemin menyampaikan motivasi ibadah

“Semakin sulit medan yang dilalui untuk menuju ke masjid, maka akan semakin tinggi derajat yang Allah berikan,” kata Ustaz Ngatemin menyampaikan motivasi untuk masyarakat Jurang.

Demikianlah pelaksanaan pengajian perdana malam ini bersama Ustaz Ngatemin berlangsung dengan meriah dan sukses. Semoga menjadi awal yang indah bagi dakwah Islam di Dusun Jurang.

Posting Komentar untuk "Pengajian Perdana Qoryatul Qur’an di Masjid Fisabilillah Jurang bersama Ustaz Ngatemin"