Pelaksanaan Visitasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MITQ Qoryatul Qur’an di Komplek Gabeng

Telah terlaksana dengan lancar, visitasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MITQ Qoryatul Qur’an pada hari Selasa, 14 November 2023 di Gedung MI komplek Asemlegi, Gabeng.

Untuk diketahui, Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar. 

Penilaian ini dilaksanakan setiap akhir tahun, untuk mengevaluasi kinerja kepala madrasah, termasuk di MITQ Qoryatul Qur’an. Maksud dan tujuannya agar madrasah tertib administrasi.

PKKM MITQ
Visitasi PKKM di MITQ Qoryatul Qur'an

Penilaian melibatkan pengawas pembina dan didampingi satu pengawas dari Kementerian Agama tingkat kabupaten. Dan alhamdulillah, proses PKKM di MITQ Qoryatul Qur’an bisa dilaksanakan.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan dari Pengurus Yayasan, Komite Madrasah, Direktur Umum, Direktur Operasional serta Segenap SDM pengelola harian MITQ Qoryatul Qur’an.

Pada acara pembukaan, Ustaz Susanto selaku komite, mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Bapak H. Danuri, M.Ag dan Ibu Rina Puji Handayani, S.Pd.I,. M.Pd, sebagai tim penilai pada PKKM.

Beliau berharap, PKKM yang sudah kedua kalinya di MITQ Qoryatul Qur’an ini bisa terlaksana dengan lancar sesuai harapan bersama, dan mendapatkan keberkahan dari Allah ﷻ.

Bapak H. Danuri menyampaikan bahwa Kementerian Agama punya cita-cita besar, yakni ingin mewujudkan madrasah yang hebat, bermartabat, mandiri, dan berprestasi. Kemenag berharap dari madrasah akan lahir generasi saleh dan cerdas, yang nantinya akan memimpin bangsa ini.

Penilaian kinerja kepala madrasah berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan.

Pengecekan dokumen
Pengecekan dokumen penilaian

Lima komponen itu meliputi Usaha Pengembangan Madrasah, Pelaksanaan Tugas Manajerial, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi kepada Guru dan Tenaga, serta Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Syukur kepada Allah ﷻ yang telah memberikan keberkahan dan kelancaran pada acara ini. Semoga PKKM di MITQ Qoryatul Qur’an ini baik hasilnya, sesuai apa yang diharapkan bersama.

Terima kasih untuk semua pihak yang telah memberikan dukungan moral maupun spiritualnya sehingga proses dakwah dan kaderisasi di MITQ Qoryatul Qur’an dapat berjalan dan berkembang baik. Semoga Allah ﷻ selalu memberi petunjuk dan keberkahan untuk kita semua. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Pelaksanaan Visitasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MITQ Qoryatul Qur’an di Komplek Gabeng"