Yusuf Irfan, Santri Kelas XII Matiq PPTQ Qoryatul Qur’an Selesaikan 30 Juz

Salah satu santri kelas XII Matiq PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Alasombo bernama Yusuf Irfan telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. Prestasi yang menjadi impian para santri penghafal Al-Qur’an yang menjadikannya sebagai ahlul qur’an dan ahlullah (keluarga Allah).

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

Santri yang biasa dipanggil dengan nama Irfan ini menyetorkan hafalan juz 25 sebagai setoran terakhir jadi genap 30 juz. Disimak oleh Ustaz Rio Maryono pada hari Kamis 19 Oktober 2023 bertempat di Komplek 5 Alasombo.

Yusuf Irfan
Yusuf Irfan

Irfan adalah anak ke-2 dari 2 bersaudara, pasangan Bapak Munir dan Ibu Musyarifah. Berasal dari Banjarsari, Surakarta. Untuk menyelesaikan hafalan 30 juz, ia menghabiskan waktu sekitar 2 tahun 4 bulan.

Semoga dengan menjadi hafiz Qur’an bisa mengangkat derajat kedua orang tua Irfan ke tempat yang tinggi di hadapan Allah. Salah satu keutamaan para penghafal Qur’an adalah memberikan mahkota surga untuk orang tua di akhirat kelak.

Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Qur’an.” (HR. Hakim).

Santri kelahiran Surakarta, 16 Maret 2006 ini memiliki kegemaran olahraga dan mendaki serta berkeinginan kelak kalau sudah dewasa menjadi orang yang saleh. Semoga Allah mudahkan jalan menggapainya, sehingga ilmunya bermanfaat untuk umat.

“Alhamdulillah, bahagia dan bersyukur,” ungkapnya saat ditanya kesan usai setoran terakhir. Irfan berharap dirinya bisa tetap rendah hati dan tidak ada kesombongan karena telah selesai hafalan. “Dan semoga bisa rajin murajaah,” katanya.

Kiat menghafal yang dilakukan Irfan selama ini adalah harus mau bersungguh-sungguh dan mau berlelah lelah. Yang pasti, ia mengakui, dalam menghafal memang butuh ketelatenan. “Walaupun ngantukan, tapi setoran tetap number one,” katanya. “Impianmu tinggi tapi kadang sujudmu kurang lama.”

Semoga dengan hafalan ini, Irfan bisa mendapat kedudukan di surga disesuaikan dengan banyaknya ayat yang dihafal. Ditawarkan kepada penghafal Al-Qur’an, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan Al-Qur’an ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

Semoga Allah memudahkan Irfan dalam menjaga hafalannya, tetap istikamah menjalani hidup bersama Al-Qur’an, mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan dalam hidup ini, mulia bersama Al-Qur’an. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Wahyu Almanda

Posting Komentar untuk "Yusuf Irfan, Santri Kelas XII Matiq PPTQ Qoryatul Qur’an Selesaikan 30 Juz"