Sopiyah, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Kelas 3 Imtaq Tuntaskan Hafalan dengan Setoran 5 Juz Sekaligus

Namanya cukup singkat, Sopiyah, tapi tekadnya sangat kuat dalam menghafal Al-Qur’an. Kelar sudah 30 juz ditaklukkannya. Dan setoran terakhirnya sejumlah 5 juz sekali majelis, yakni juz 26, 27, 28, 29, dan 30.

“Alhamdulillah, dengan niat, tekad, dan atas izin Allah ﷻ saya bisa menyetorkan 5 juz sekali majelis,” ungkapnya penuh syukur. “Semoga ke depannya bisa istikamah dalam murajaah dan bisa bertahap sampai menyetorkan murajaah hafalan 30 juz sekali majelis, aamiin.”

Sopiyah

Sopiyah menyetorkan 5 juz terakhirnya kepada Ustazah Salamah Asma pada hari Jumat, 22 September 2023 di teras depan asrama PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Jetis. Kelima juz ini adalah buah keuletannya menghafal dalam waktu 3 bulan.

Sopiyah adalah santri kelas 3 MA Imtaq yang berasal dari Pardasuka, Pringsewu, Bandar Lampung. Anak ketujuh dari 7 bersaudara. Ayahnya bernama Pak Sahani, dan ibundanya telah meninggal dunia bernama Ibu Mulyana.

Pasti ibunda sangat bahagia ketika impian putrinya untuk hafal Al-Qur’an telah tercapai. Semoga menjadi bakti seorang anak pada kedua orang tuanya. Semoga kelak bisa berkumpul di surga dengan keridaan Allah ﷻ.

Santri putri kelahiran Sinar Baru, 11 Januari 2006 ini punya hobi membaca, sebuah hobi yang mulai langka di kalangan anak muda. Sopiyah bercita-cita menjadi ahlul Qur’an.

Ahlul Qur’an adalah seorang muslim yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Namun, tidak semata-mata menghafal Al-Qur’an saja, ia juga mengamalkan ayat-ayat Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Sopiyah berpesan pada teman-temannya sesama pejuang penghafal Qur’an agar meluruskan niat dan tetap istikamah. Dalam prosesnya menghafal, ia sering murajaah 5 halaman dengan bertahap sampai tuntas 1 juz.

Barulah kemudian disetorkan hafalan per-juz terlebih dahulu sebelum menyetorkan 5 juz sekali majelis. “Jangan pernah putus asa dalam murajaah Al-Qur’an untuk menggapai rida Allah ﷻ,” pesan Sopiyah untuk semuanya.

Sebagai motivasi, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca Al Quran dan menghafalnya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga dan memberikannya hak syafaat untuk 10 anggota keluarganya di mana mereka semuanya telah ditetapkan untuk masuk neraka.”

Kontributor: Ustazah Maria Luthfi Azahrah

Posting Komentar untuk "Sopiyah, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Kelas 3 Imtaq Tuntaskan Hafalan dengan Setoran 5 Juz Sekaligus"