QQ Peduli Sosialisasikan Program Kencleng Sedekah Jariyah kepada Para Santri Qoryatul Qur’an

Jumat, 1 September 2023, relawan QQ Peduli melaksanakan sosialisasi program Kencleng Sedekah Jariyah (KSJ) ke 3 komplek PPTQ Qoryatul Qur’an yakni komplek Asemlegi, Kauman, dan Pucung. Sosialisasi dilaksanakan setelah Salat Isya di ketiga komplek tersebut.

Adapun KSJ adalah program partisipasi bagi siapa saja yang tergerak untuk bersedekah jariyah dalam mendukung kegiatan sosial melalui unit QQ Peduli. Proses pengumpulan dana menggunakan sarana berupa kaleng atau kencleng infak yang bisa diisi kapan saja berapa pun. Kencleng yang penuh kelak dikumpulkan kembali oleh relawan QQ Peduli untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Melalui sosialisasi ini, QQ Peduli menawarkan kepada para santri yang akan perpulangan hari Sabtu besok, untuk membawa kencleng ke rumah dan menyerahkan kepada orang tua agar bisa diisi dengan sedekah terbaiknya. Kencleng dibawa kembali kelak ketika perpulangan selanjutnya.

Kencleng QQ Peduli
Sosialisasi program kencleng di Asemlegi

Ustaz Adi Hermawan dan Ustaz Raihan Afif Ilyasa bertugas melakukan sosialisasi di komplek Asemlegi, Gabeng, di hadapan para santri Qoryatul Qur’an unit MTs TQ putri. Sosialisasi dilaksanakan di Masjid Widad El Fayez.

Sementara di komplek Pucung, yang bertugas adalah Ustaz Adi Prayogo, koordinator QQ Peduli. Beliau menyampaikan tentang program KSJ tersebut di depan para santri MA TQ Qoryatul Qur’an putri.

QQ Peduli
Sosialisasi kencleng di Pucung

Di komplek Kauman, ada Ustaz Bilal bertugas di sana. Beliau melakukan sosialisasi infak melalui kencleng itu di hadapan para santri MTs TQ dan MA TQ Qoryatul Qur’an putra. Secara keseluruhan, sosialisasi berjalan dengan lancar.

Untuk diketahui bersama bahwa program KSJ ini bertujuan untuk kegiatan sosial QQ Peduli, di antaranya peduli kepada saudara muslim, peduli bencana, peduli fakir miskin, program orang tua asuh, peduli dakwah, peduli Al-Qur’an, kegiatan sosial ambulans, dan beragam kegiatan sosial yang lainnya.

Kencleng QQ Peduli
Sosialisasi kencleng di Kauman

Keutamaan bersedekah menurut ajaran agama kita sangatlah banyak. Salah satunya dalam surat Al Baqarah ayat 261, Allah ﷻ menjanjikan balasan rezeki berlipat ganda untuk orang yang sudah menginfakkan rezeki di jalan-Nya.

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”

Program kencleng ini adalah salah satu bagian dari ikhtiar relawan QQ Peduli untuk menghimpun dana sosial untuk sesama. Semoga Allah ﷻ menurunkan berkah bagi semua yang terlibat dalam kegiatan ini. Allahumma aamiin.

Kontributor: Tim QQ Peduli

Posting Komentar untuk "QQ Peduli Sosialisasikan Program Kencleng Sedekah Jariyah kepada Para Santri Qoryatul Qur’an"