Penutupan Daurah Bahasa Arab Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri di Umbul Manten Klaten

Selasa, 29 Agustus 2023. Para mahasantri putri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an mengadakan outing class dengan agenda tadabur alam dan pembelajaran bahasa arab luar ma’had. Dan ini merupakan kegiatan akhir dari daurah bahasa arab yang dilaksanakan di komplek Babadan.

Daurah bahasa arab terlaksana dalam waktu 20 hari. Selama itu mahasantri dan ustazah diwajibkan berkomunikasi dan beraktivitas menggunakan bahasa arab. Menghafal mufradat dan menyusunnya menjadi kalimat yang tepat.

Pembelajaran menggunakan kitab Al-Arabiyah Baina Yadaik yang terdiri dari 2 juz, di mana masing-masing juz diujikan secara lisan dan tertulis setelah selesai dipelajari. Mahasantri penuh semangat dan tekad kuat mengikutinya dengan baik.

Agar tidak bosan, dalam belajar bahasa arab juga banyak variasi atau metode digunakan, seperti misal permainan yang mendukung proses belajar. Termasuk berperan drama dan diskusi dalam bahasa arab.

Acara outing class ini bertempat di objek wisata Umbul Manten atau Umbul Temanten di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Sekaligus untuk refreshing bagi para mahasantri dan apresiasi atas terlaksananya daurah bahasa arab tersebut.

Apel mahad aly
Apel jelang siang sebelum berangkat

Sebelum berangkat, dimulai dengan apel menggunakan bahasa arab di halaman komplek Babadan. Baik dari penyiapan barisan sampai penyampaian arahan oleh Ustaz Salman Al Farisi dan Ustaz Luthfi Zubaidi, semua menggunakan bahasa arab.

Sekira pukul 11.30 WIB tibalah waktu untuk berangkat. Menggunakan 2 armada bus dengan peserta berjumlah total 49 mahasantri, didampingi 8 ustazah dan 6 ustaz termasuk dari tim QQ Media.

Di dalam bus, usai memimpin berdoa, Ustaz Salman menggali ketajaman peserta dengan menanyakan berbagai benda yang dijumpai, seperti kursi, korden jendela dan warnanya, dengan menggunakan bahasa arab. Termasuk menyebutkan jumlah peserta, jumlah kursi, dan sebagainya.

Rombongan singgah di Masjid Yaumi Karangmojo, Ceper, Klaten untuk menunaikan Salat Zuhur dijamak takdim dengan Salat Asar, diimami Ustaz Luthfi Zubaidi. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi.

Waktu menunjukkan pukul 13.15 WIB ketika rombongan sampai di Umbul Manten, destinasi wisata di Klaten yang dikelola oleh Bumdes Sinergi (Sidowayah Inner Energy) Sidowayah, Polanharjo.

Kuis sambung kata
Kuis sambung kata bahasa arab

Setelah makan siang, diadakan kuis sambung kata bahasa arab dipimpin Ustazah Salsa. Peserta harus bisa menyebutkan nama benda dalam bahasa arab sesuai huruf terakhir yang disebutkan peserta sebelumnya.

Game bahasa arab
Keseruan games sambil berbasahan

Kuis berikutnya, peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok membuat soal sesulit mungkin untuk dijawab tim lawan. Agar seru, kuis dilaksanakan sambil berbasah-basah di sungai kecil yang mengalirkan air jernih. Kegiatan dilanjutkan dengan berenang.

Setelah puas berenang dan berganti pakaian, seluruh peserta kembali berkumpul untuk mengikuti acara berikutnya, yakni debat berbahasa arab.

Debat berlangsung seru dan tak jarang mengundang tawa. Para mahasantri menunjukkan kemampuannya berbahasa arab dengan berdebat. Penampilan mereka memperlihatkan hasil dari daurah cukup berhasil.

Debat bahasa arab
Debat menggunakan bahasa arab

Kelar acara debat, dilanjutkan penutupan daurah. Dipandu Ustaz Salman sebagai pembawa acara. Setelah pembacaan ayat suci, prakata penutupan disampaikan oleh Ustazah Salsa. Dan secara resmi, Ustaz Luthfi selaku kepala unit Ma’had Aly menutup rangkaian daurah bahasa arab.

Semoga rangkaian kegiatan daurah bahasa arab 20 hari yang dilaksanakan oleh para mahasantri putri Ma’had Aly ini bisa memberi inspirasi bagi para santri Qoryatul Qur’an di unit dan komplek lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

Posting Komentar untuk "Penutupan Daurah Bahasa Arab Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri di Umbul Manten Klaten"