Ustaz Setyadi Prihatno: Ponpes Qoryatul Qur’an Berusaha Turut Andil Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin

Pondok pesantren Qoryatul Qur’an sejak awal didirikan diniatkan menjadi bagian dari ibadah dan amal saleh, dari para pendiri, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Kecamatan Weru khususnya, dan beberapa tokoh dari sekitar Kecamatan Weru. Yang tujuannya tidak lain hanyalah untuk meraih rida Allah ﷻ.

Dari awal, pondok ini diniatkan bukan untuk profit. Bukan untuk mencari keuntungan. Hingga beberapa masa tahun awal pondok ini bebas dari seluruh biaya. Akan tetapi karena perkembangan yang terus berkembang, akhirnya yang berkenan ikut andil dipersilakan. Terus berkembang, akhirnya ditentukan.

Khutbah Taaruf
Ustaz Setyadi Prihatno sampaikan tujuan QQ didirikan

Hal yang menjadi kesulitan kami dari pengelola harian adalah ketika mau menaikkan SPP. Penghalangnya dari yayasan. Yayasan itu paling pelit kalau untuk menaikkan SPP. Padahal inflasinya sudah sedemikian luar biasa, tapi kata beliau, yang penting berjalan dan berkah. Gusti Allah Maha Kaya. Tidak punya gedung, katanya bismillah.

Awal tujuan pondok ini adalah untuk mencari rida Allah ﷻ. Kemudian dalam proses pendidikan diniatkan tujuannya adalah ikut andil mencetak generasi terbaik. Generasi yang mirip seperti generasi para sahabat hasil didikan Rasulullah ﷺ, generasi Muhajirin dan Ansor. Generasi ulama amilin fisabilillah. Generasi yang punya ilmu dan mengamalkan ilmunya di jalan Allah ﷻ. Bukan hanya berilmu tapi tidak diamalkan.

Qoryatul Qur’an menyadari kekurangan-kekurangan yang ada, bahwa kami tentu belum mampu mewujudkannya. Akan tetapi setidak-tidaknya bisa ikut andil di dalam mewujudkan generasi ulama amilin fisabilillah. Ikut andil untuk mewujudkan apa yang disebut Islam rahmatan lil alamin.

Selanjutnya, sistem yang dipakai dalam proses mewujudkan generasi ulama amilin fisabillah adalah kita mencontoh apa yang dilakukan oleh Rasulullah ﷺ dalam mengkader dan mendidik generasi terbaik. Yaitu generasi Muhajirin dan Ansor, generasi para sahabat.

Qoryatul Qur’an tidak mengacu ke mana-mana, tetapi berusaha sedekat mungkin dengan apa yang dilakukan Rasulullah ﷺ. Dan selama 10 tahun ini terus berproses dalam mewujudkan kedekatan itu. Semoga Allah ﷻ mudahkan seluruh urusan kita dalam perjuangan di jalan dakwah ini.

Disampaikan Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I pada acara Khutbah Taaruf santri dan mahasantri baru tahun ajaran 2023/2024 di Komplek Asem Legi, Gabeng, 11 Juli 2023

Posting Komentar untuk "Ustaz Setyadi Prihatno: Ponpes Qoryatul Qur’an Berusaha Turut Andil Mewujudkan Islam Rahmatan Lil Alamin"