QQ Peduli Bersinergi dengan Baitul Hikmah, Salurkan Kurban ke Dukuh Trosari I, Tepus, Gunungkidul

Sabtu, 1 Juli 2023. Tim QQ Peduli bekerja sama dengan tim dari Baitul Hikmah Sukoharjo, berangkat menuju ke Dukuh Trosari 1, Tepus, Tepus, Gunungkidul dalam rangka kegiatan sosial tebar hewan kurban Iduladha 1444 H. Start dari Komplek Kauman sekira pukul 09.00 WIB, menaiki 2 mobil dan 4 sepeda motor.

Dari Qoryatul Qur’an yang berangkat ke Tepus ada Ustaz Salman, Ustaz Bilal, Ustaz Ilyas, Ustaz Muin, Ustaz Hendri, Ustaz Aldi, Ustaz Wibi, Ustaz Ikhsan, Ustaz Surya Adi, dan Ustaz Adi Prayogo. Sementara utusan dari Baitul Hikmah ada 6 orang.

Kedatangan tim membawa ternak kurban berupa kambing sejumlah 5 ekor dari program tebar kurban QQ Peduli, dan 2 ekor kambing dari Baitul Hikmah. Jadi total ada 7 ekor kambing yang akan disalurkan untuk masyarakat Dusun Trosari I, Tepus, yang berjumlah sekitar 90 KK dengan total penduduk sekitar 264 jiwa.

Tebar kurban QQ Peduli
Tim QQ Peduli salurkan kurban ke Tepus, GK

Sesampai di lokasi, tim disambut baik para tokoh dan masyarakat. Rupanya warga tengah melaksanakan proses penyembelihan 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing, hasil pengajuan proposal ke berbagai sumber. Dari info awal yang sampai ke tim QQ Peduli, dusun ini sampai jelang hari raya belum ada ternak kurban.

Tim QQ Peduli dan Baitul Hikmah kemudian menyembelih ternak kurban di lokasi, sekaligus mendokumentasikannya sebagai laporan pertanggungjawaban kepada shahibul qurban. Sementara untuk pembagian dagingnya diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

Berbincang dengan para tokoh di sana, termasuk Pak Dukuh (Dina Ariyanto), ketua RW, dan ketua RT, tim mendapat informasi terkait kegiatan keislaman yang masih sangat minim. Masjid Al Amin berukuran 8x8 meter yang berdiri di sana hanya untuk aktivitas salat berjemaah 5 waktu. Pengajian kadang ada sebulan sekali.

Kondisi ekonomi masyarakat kelas menengah ke bawah, dengan mayoritas sumber penghasilan warga dari pertanian. Namun sayangnya, akhir-akhir ini banyak yg tidak bertani karena hama kera. Sehingga sebagian lainnya memilih menjadi buruh.

Sumber air di Dukuh Trosari I sangat susah, dan hanya mengandalkan air hujan. Saat tiba musim kemarau, untuk kebutuhan air bersih warga membeli menggunakan mobil tangki. Mobil tangki ukuran 5000 liter seharga Rp120.000 digunakan satu keluarga bisa mencukupi sekitar 2 minggu.

Masyarakat Trosari I masih kental dengan adat istiadat leluhur. Setiap menjelang Iduladha, ada kebiasaan warga yg sudah turun temurun untuk bersih-bersih telaga atau sendang. Ada 4 telaga yang harus di bersihkan dengan acara ritual tertentu.

Demikianlah pelaksanaan kegiatan sosial PPTQ Qoryatul Qur’an melalui unit QQ Peduli di daerah pedalaman yang minim sentuhan dakwah. Semoga kegiatan tak berhenti pada tebar kurban, bisa sambung rasa dan turut berkiprah di sana dengan program-program dakwah agar merasakan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Kontributor: Ustaz Salman Al Farisi dan Ustaz Aldi Hermawan.

Posting Komentar untuk "QQ Peduli Bersinergi dengan Baitul Hikmah, Salurkan Kurban ke Dukuh Trosari I, Tepus, Gunungkidul"