Ustazah Ummul Imamah: Hindari 3 Kesalahan Ini dalam Mendidik Anak

Rabu, 26 Juli 2023. Kajian bulanan rutin Qoryatul Qur’an Putri bertempat di Masjid Al Muttaqin, komplek 02 Pucung. Dilaksanakan sekira pukul 13.00 WIB dengan pemateri Ustazah Ummul Imamah, Mudiroh Qur’anic School of Dewan Dakwah Surakarta.

Kajian diikuti oleh para peserta dari Yayasan Qoryatul Qur’an Putri, pengasuh Qoryatul Qur’an Putri, para ustazah Qoryatul Qur’an, Ummahat Qoryatul Qur’an, Staff Qoryatul Qur’an Putri, dan Ummahat Insan Mulia.

Ummul Imamah
Kajian bersama Ustazah Ummul Imamah

Pada kesempatan siang hari ini, Ustazah Ummul Imamah menyampaikan materi kajian tentang 3 kesalahan orang tua dalam mendidik anak, dari Ibnu Qayyim Al Jauziyah.

Adapun ketiga kesalahan yang harus kita hindari itu adalah pertama meremehkan atau tidak peduli. Kedua, tidak menanamkan adab, dan yang ketiga adalah memfasilitasi syahwatnya.

Kesuksesan dalam mendidik anak, adalah adanya figur ayah dalam penanaman adab dan pencapaian anak. Bagaimana seorang ayah juga harus peduli dengan perkembangan anak, aktivitas, dan ibadah kesehariannya.

Kesuksesan seorang ibu, menurut Ustazah Ummul Imamah, adalah ketika seorang wanita sukses menjadi istri dalam rumah tangganya, mendapatkan hak dari suaminya, dan bahagia dengan suaminya.

Istri yang sukses adalah ketika ia berhasil menjadikan seorang suami sebagai qawwam (pemimpin), dan bukan istri yang justru mendominasi kepemimpinan dalam rumah tangga.

اَلرِّجَا لُ قَوَّا مُوْنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَاۤ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَا لِهِمْ ۗ فَا لصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ ۗ وَا لّٰتِيْ تَخَا فُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَا جِعِ وَا ضْرِبُوْهُنَّ ۚ فَاِ نْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَا نَ عَلِيًّا كَبِيْرًا

Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Maha Tinggi, Maha Besar.” (QS. An-Nisa' 4: Ayat 34)

Ketika sebuah rumah tangga dapat dinilai sukses, maka akan dengan mudah mendidik anak-anaknya. Istri tunduk kepada suami dan menjalankan tugas dengan ketenangan dan kebahagiaan.

Demikianlah kajian yang telah disampaikan oleh Ustazah Ummul Imamah. Semoga dengan menyimak apa yang telah disampaikan, seluruh hadirin bisa menjadi ibu terbaik untuk anak-anak. Yang sukses dalam mendidik mereka menjadi generasi Islam yang tangguh dalam berjuang di jalan Allah ﷻ.

Kontributor: Ustazah Isti'ana Maratush S

Posting Komentar untuk "Ustazah Ummul Imamah: Hindari 3 Kesalahan Ini dalam Mendidik Anak"