Kajian Muharram 1445 H dan Buka Bersama Puasa Asyura bersama Ustaz Salim A. Fillah di Qoryatul Qur’an

PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar event besar pada awal tahun baru hijriah yang ke-1445 dengan acara Kajian Muharram dan Bukber Akbar bersama Ustaz Salim A. Fillah. Digelar di komplek Asem Legi, Gabeng pada hari Jumat, 28 Juli 2023 M bertepatan dengan 10 Muharram 1444 H. Dimulai bakda Salat Asar hingga waktu berbuka puasa Asyura.

Kegiatan ini menghadirkan 1000 santri penghafal Al-Qur’an, para mitra dakwah, dan segenap keluarga besar PPTQ Qoryatul Qur’an. Mengusung tema besar “Mengambil Spirit Kebesaran dari Sejarah Peristiwa-Peristiwa 10 Muharram”.

Kajian Muharram Salim A Fillah
Kajian Muharram bersama 1000 santri penghafal Qur'an

Acara dipandu pembawa acara oleh Ustaz Luthfi Zubaidi. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ustaz Yusuf Supriatman. Sambutan tuan rumah diwakili Ustaz Didik Efendi, ST.

Sebelum tampil Ustaz Salim A. Fillah, terlebih dulu pengondisian audiens oleh Ustaz Puji Hartono atau Kang Puji, motivator, penulis, dan pengasuh Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) dan Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3).

Kang Puji menyampaikan motivasi agar para santri PPTQ Qoryatul Qur’an kelak tak hanya menjadi penghafal Al-Qur’an, tapi juga menjadi para pengusaha dan ahli sedekah. Dan kalau sudah sukses, jangan pernah lupa pada pesantren.

Kang Puji Hartono
Kang Puji berikan penyemangat santri

Tak lupa Kang Puji mengajak para santri untuk mendoakan kebaikan kepada para asatidz dan jajaran pengurus pesantren.  Juga doa kebaikan terkhusus untuk Ustaz Salim A. Fillah yang menjadi pemateri kajian sore hari ini.

Setelah Kang Puji memberikan penyemangat, barulah kemudian Ustaz Salim A. Fillah sebagai pemateri inti yang sudah ditunggu-tunggu para hadirin, naik ke panggung menyampaikan tausiah.

Ustaz mengapresiasi acara yang sedemikian luar biasa hari ini. Hari istimewa, salah satu di antara hari-harinya Allah ﷻ, yang bertepatan dengan sayyidul ayyam (hari Jumat), yang semoga perhimpunan ini menjadi langkah-langkah yang ditempuh menuju Allah ﷻ dan memudahkan jalan menuju surga.

Ustaz Salim A. Fillah
Ustaz Salim A. Fillah ajak tadaburi peristiwa 10 Muharram

Ustaz yang bernama lengkap Salim Akhukum Fillah atau bernama asli Arif Nursalim yang merupakan seorang penulis buku islami dari Yogyakarta ini sangat bahagia menjadi bagian dari acara di PPTQ Qoryatul Qur’an.

Ustaz Salim mengapresiasi para santri yang sebagian berangkat dari komplek dengan berjalan kaki menuju lokasi. Sampai di sini pun sebagian masih harus duduk di bawah siraman sinar matahari. Ustaz mendoakan semoga ini menjadi latihan wukuf di Arafah dan dibalas Allah ﷻ dengan kenikmatan surga.

Dalam kesempatan ini, Ustaz Salim A. Fillah mengajak hadirin untuk mentadaburi peristiwa-peristiwa dari berbagai zaman Nabi, yang oleh Allah ﷻ ditakdirkan terjadi pada tanggal 10 Muharram. Yang di antaranya adalah menangnya Nabi Musa As atas Raja Firaun yang ditenggelamkan Allah di Laut Merah.

Peristiwa itu diperingati orang-orang Yahudi dengan berpuasa di tanggal 10 Muharram. Rasulullah ﷺ dan kaum muslimin merasa lebih berhak atas Nabi Musa As, maka kemudian menjadi syariat puasa sunah Asyura.

Kajian Ustaz Salim A. Fillah berakhir seiring berkumandangnya azan. Memanfaatkan waktu makbul ketika berbuka puasa, Ustaz memimpin doa sekaligus sebagai penutup. Acara berlanjut dengan bersama-sama berbuka puasa Asyura.

Demikian kegiatan akbar yang digelar oleh PPTQ Qoryatul Qur’an pada sore yang penuh berkah ini. Seperti kata Ustaz Salim A. Fillah, semoga langkah dan kehadiran di majelis ini menjadi penggugur dosa, meninggikan derajat di sisi Allah ﷻ dan menjadikannya taman surga, tempat tercurahnya rahmat Allah ﷻ.

Posting Komentar untuk "Kajian Muharram 1445 H dan Buka Bersama Puasa Asyura bersama Ustaz Salim A. Fillah di Qoryatul Qur’an"