Pembagian Hasil Belajar Santri Qoryatul Qur’an Tingkat MTs dan MA Kelas 1 dan 2

Sabtu, 17 Juni 2023. Para santri PPTQ Qoryatul Qur’an kelas 1 dan 2 unit MTs dan MA menerima rapor hasil belajar tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan rapor secara langsung oleh wali santri yang datang ke masing-masing komplek pesantren. Untuk MTs putra dan MA putra di komplek Kauman, MTs putri di komplek Asem Legi, Gabeng, dan MA putri di komplek Pucung.

Pengambilan hasil belajar ini sekaligus menandai awal liburan akhir tahun ajaran, sehingga orang tua bisa sekalian menjemput putra-putrinya yang mondok di Qoryatul Qur’an. Adapun liburan kali ini cukup panjang, dari tanggal 18 Juni 2023 sampai 15 Juli 2023.

Para wali santri juga diberi kesempatan untuk melunasi kewajiban syahriah yang belum dibayar, sebelum mengambil hasil belajar putra-putrinya. Terlihat aktivitas di setiap komplek berjalan dengan lancar dan tertib. Para santri juga terlihat senang karena bisa kembali berkumpul dengan keluarga lagi.

Pembagian rapot
Suasana pengambilan hasil belajar

Untuk mengatur lalu lintas jalan sekitar komplek serta menjaga keamanan dan ketertiban, pihak pesantren menugaskan para mahasantri Ma'had Aly Qoryatul Qur’an yang tergabung sebagai relawan Masga (Mahasantri Siap Guna) untuk bersiaga di berbagai titik.

Para asatidz berharap agar selama liburan, santri bisa mengamalkan ilmu yang didapat di pesantren selama ini. Salah satunya dengan berbakti kepada kedua orang tua, patuh dan taat kepada keduanya. Selain itu, diharapkan tetap mengamalkan adab dalam berhubungan dengan masyarakat. Menghiasi diri dengan akhlakul karimah.

Selanjutnya, untuk menjaga amaliah harian santri selama di rumah, mereka diberikan tugas mengisi list aktivitas setiap harinya. List yang harus diisi di antaranya tentang pelaksanaan salat fardu 5 waktu dan salat sunah. Kemudian juga list bacaan Al-Qur’an dan murajaah hafalan mereka.

Tak hanya itu, santri juga harus mengamalkan zikir pagi dan petang sebagaimana kebiasaan yang telah dilakukan di pesantren. Kemudian, para santri ditugaskan untuk turut aktif dalam dakwah khususnya mengajar TPQ di daerah masing-masing. Jangan sampai liburan hanya diisi dengan bersenang-senang saja, melainkan harus memberikan manfaat bagi sesama.

Posting Komentar untuk "Pembagian Hasil Belajar Santri Qoryatul Qur’an Tingkat MTs dan MA Kelas 1 dan 2"