Khutbah Taaruf Santri dan Mahasantri Baru PPTQ Qoryatul Qur’an Tahun Ajaran 2024/2025

Menyambut kedatangan santri dan mahasantri baru tahun ajaran 2024/2025, PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar acara Khutbah Taaruf. Dilaksanakan di komplek Asemlegi Gabeng pada hari Ahad, 7 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri segenap pengurus yayasan, jajaran direktorat dan wadiriyah, segenap asatiz dan staff personalia pesantren. Santri dan mahasantri berdatangan ditemani orang tua atau wali masing-masing, baik dari unit MTs, MA, maupun Ma’had Aly.

Khutbah Taaruf
Khutbah Taaruf menyambut santri dan mahasantri baru PPTQ Qoryatul Qur'an

Acara dipandu oleh Wadir Dakwah Ustaz Bambang Wahyudi, SE. Sambutan perdana oleh Ketua Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman Bapak H. Wiyana sekaligus mengucapkan selamat datang kepada segenap hadirin.

Ketua Yayasan QQ Kauman
Sambutan ketua yayasan

Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I pada kesempatan sambutan memperkenalkan sepintas tentang pesantren ini. Dengan mengenal maka akan tumbuh kecintaan pada Qoryatul Qur’an.

Direktur Umum menyebutkan bahwa pendirian Qoryatul Qur’an adalah hasil sinergi berbagai elemen umat Islam di Kecamatan Weru dalam dunia pendidikan untuk menyiapkan generasi yang akan datang.

Niat dan tujuan pendirian pesantren ini adalah bagian dari amal ibadah yang ikhlas semata karena Allah ﷻ dan ittiba kepada Rasulullah ﷺ. Niat dan tujuan utama meraih rida Allah ﷻ.

Dirum QQ
Direktur Umum kenalkan tentang pesantren

Tujuan strategis untuk masa depan adalah akan menjadikan generasi terbaik sebagaimana generasi yang telah dididik oleh Rasulullah Muhammad ﷺ. Ini bukan main-main apalagi sekadar pencitraan.

Pesantren ini bukan sarana bisnis pendidikan, bukan berorientasi untuk mencari keuntungan. Biaya yang dikeluarkan orang tua di sini kembali kepada anak-anak masing-masing sehingga bisa menjadi generasi terbaik harapan bersama.

Acara inti khutbah taaruf disampaikan oleh Ustaz Puji Hartono atau biasa disapa dengan Kang Puji. Beliau adalah pengasuh Pesantren Masyarakat Jogja (PMJ) dan Pesantren Masyarakat Merapi-Merbabu (PM3).

Tugas orang tua, menurut Kang Puji, adalah mendidik anak mengenal Allah dan hanya menyembah-Nya. Dengan menitipkan di pesantren, maka banyak hal yang harus dikerjakan bersama-sama, baik oleh orang tua, anak, dan pesantren.

Kang Puji PM3
Kang Puji sampaikan Khutbah Taaruf

Adab menjadi kunci dalam mendidik anak. Baik adab anak pada orang tua ataupun adab santri pada ustaz-ustazah. Tak hanya itu, adab orang tua juga harus diperhatikan. Di antara adab orang tua adalah menjaga lisan dan akhlaknya.

Sebagai orang tua santri, jangan sekalipun menggunakan lisan untuk membicarakan keburukan pesantren atau menggosip asatiz. Jangan pula berpikiran buruk atau suuzhan pada pesantren.

Kang Puji juga mengingatkan agar jangan pernah memberi makan anak dengan barang yang haram. Makanan haram akan menghilangkan keberkahan bagi anak sehingga sulit membentuknya menjadi anak yang saleh.

Beliau juga menyarankan agar para wali santri menambah salat wajib dengan duha dan tahajud. Senantiasa mendoakan kebaikan untuk anak-anak yang dipondokkan di pesantren, karena doa orang tua untuk anak adalah doa yang makbul.

Kang Puji menyampaikan agar orang tua rajin bersedekah. Salah satunya dengan sedekah sehari 1000 maka akan terkumpul 90 ribu selama 3 bulan. Sedekahkan ini untuk anak didik di pesantren. Penyampaian Kang Puji ditutup dengan memimpin doa bersama.

Acara selanjutnya adalah serah terima santri secara simbolik dari orang tua kepada Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman. Sebagai perwakilan orang tua adalah Bapak Hendik Kristiadi sekalian istri, yang menyerahkan putra beliau, Fadhil Maherzain, kepada perwakilan yayasan Ustaz Didik Efendi, ST.

Serah terima santri
Serah terima santri secara simbolik

Sesi dilanjutkan dengan taaruf atau pengenalan pendiri pesantren, pengurus yayasan, pemangku komplek, jajaran direktorat, dan asatiz komplek yang dipandu oleh Direktur Operasional PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Hartanto, S.Pd.I.

Ustaz Luthfi
Doa dipimpin Ustaz Luthfi Zubaidi

Sebagai penutup acara Khutbah Taaruf Santri dan Mahasantri Baru PPTQ Qoryatul Qur’an Tahun Ajaran 2024/2025 ini pembacaan doa dipimpin oleh Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I. Demikian, semoga Allah memberkahi kita semua.

1 komentar untuk "Khutbah Taaruf Santri dan Mahasantri Baru PPTQ Qoryatul Qur’an Tahun Ajaran 2024/2025"

  1. Masya Allah, acaranya erbeda dari yang lain ya, ada Khutbah Taaruf. Awal baca judul kirain ada taaruf massal

    BalasHapus