Aengel Lina Novita Sari, Santri Griya Tahfizh Jetis Setorkan Hafalan Juz Amma

Aengel Lina Novita Sari tersenyum puas penuh syukur karena telah berhasil menuntaskan hafalan juz amma. Sebuah awalan untuk menghafalkan juz lainnya nanti. Tantangan yang harus ditaklukkan karena surat-surat juz lain lebih panjang.

Sebagaimana kita tahu, juz amma adalah juz 30 (terakhir) dalam Al-Qur’an. Berisi surat-surat yang memiliki ayat pendek, sehingga banyak dipilih pemula atau anak-anak untuk belajar menghafal Al-Qur’an.

Di dalam juz amma, terdapat 37 bacaan surat pendek, diawali dengan surat An-Naba’ dan diakhiri dengan surat An-Naas. Rata-rata bacaan surat pendek ini merupakan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah.

Aengel Lina Novita Sari
Aengel Lina Novita Sari

Impian menjadi hafizah gadis kecil yang biasa dipanggil dengan nama depannya, Aengel, ini, diawali dengan menaklukkan ayat demi ayat dalam juz amma. Ketekunannya pun berbuah indah dengan berhasilnya menyetor hafalan di Griya Tahfizh Jetis.

Putri dari Bapak Anton dan Ibu Wiri ini setidaknya butuh waktu 1 tahun 5 bulan untuk hafal dengan baik juz amma. Aengel menyetorkan hafalan disimak oleh Ustazah Zunisa pada hari Ahad, 14 Januari 2024.

Aengel saat ini tercatat sebagai siswa di MI Muhammadiyah Sangen 02, tepatnya duduk di bangku kelas 6. Menurut pengakuannya, ia sangat gemar membaca, dan kelak kalau dewasa ingin menjadi seorang guru. Cita-cita mulia yang semoga Allah mudahkan jalan menggapainya.

Gadis kecil kelahiran Sukoharjo, yang berulang tahun tiap tanggal 18 November ini sadar betul bahwa selesai setoran juz 30 bukanlah akhir, tapi sebaliknya menjadi awal dari kegiatan menghafalnya.

Untuk itulah, ia harus selalu murajaah agar hafalan itu tidak hilang dan semakin menancap kuat di dalam ingatannya. Kegiatan murajaah adalah aktivitas penting bagi penghafal Al-Qur’an.

Perumpamaan hafalan Al-Qur’an adalah seperti onta yang diikat oleh tali. Jika pemiliknya selalu memegangnya, maka dia tetap miliknya. Tetapi jika pemiliknya melepaskannya maka onta itu akan pergi.” (HR. Muslim)

Semoga Allah mudahkan proses menghafal dan murajaah Aengel, dan ditetapkan istikamah dalam menjalani proses panjang ini. Akhirnya, selamat, ya, Aengel, atas prestasi hafalan juz amma-nya. Tetap semangat selalu!

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "Aengel Lina Novita Sari, Santri Griya Tahfizh Jetis Setorkan Hafalan Juz Amma"