Muhammad Thoriq Amin, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Kelas XII MATIQ, Tuntaskan Hafalan Al-Qur’an

Ora perlu sangar, ora perlu tenar, sing penting 30 juz lancar,” kata Muhammad Thoriq Amin, santri PPTQ Qoryatul Qur’an Kelas XII MATIQ yang telah sukses menuntaskan hafalan Al-Qur’an 30 juz.

Santri yang menempati komplek Alasombo ini menyetorkan juz terakhir yang dihafalkannya, yakni juz 27, di hadapan Ustaz Rio Maryono bertempat di aula masjid, pada hari Selasa, 12 September 2023.

Alhamdulillah, bersyukur, gembira dan bahagia. Begitu penggambaran suasana hati Thoriq. Impian kedua orang tuanya agar si anak menjadi seorang hafizh Qur’an terkabul sudah.

Thoriq berasal dari Tenggulun, Solokuro, Lamongan. Anak ketiga dari 6 bersaudara, pasangan Bapak Ali Fauzi dan Ibu Luluk Khuzaimah. Hobinya olahraga tenis meja, bercita-cita menjadi pengusaha. Semoga sukses dunia dan akhirat.

Muhammad Thoriq Amin
Muhammad Thoriq Amin

Santri kelahiran Lamongan, 10 Februari 2006 ini sukses menghafalkan 30 juz dengan waktu sekitar 2 tahun 3 bulan. Buah kegigihan tak kenal menyerah. Thoriq bertekad tetap semangat ngaji dan murajaah.

Ketika ditanya apa kiat menghafal yang dipakainya, ia menjawab, “Baca per ayat dan pahami artinya.” Dan proses panjang itu butuh semangat yang harus selalu dipupuk.

Beruntung Thoriq berada di lingkungan santri yang sama-sama berjuang menghafalkan Al-Qur’an. Ketika yang satu sedang turun semangat maka yang lain akan memberikan motivasi sehingga semangat itu akan naik lagi.

Para santri PPTQ Qoryatul Qur’an meyakini bahwa dengan menghafal Al-Qur’an akan meraih rida Allah ﷻ karena mereka dengan penuh dedikasi yang tinggi mempelajari dan menghafal firman-Nya.

Penghafal Al-Qur’an akan menjadi orang yang disayangi Allahﷻ. Akan dimuliakan dan diberikan jubah kehormatan di dunia dan akhirat.

Bahkan dalam hadis yang diriwayatkan Al-Bukhari ada disebutkan bahwa orang yang membaca dan menghafal Al-Qur’an akan ditempatkan bersama para malaikat yang mulia. Penghafal Al-Qur’an akan merasakan kebahagiaan luar biasa karena bisa bersama makhluk-makhluk yang suci di sisi Allah ﷻ.

Sekali lagi selamat ya, untuk Muhammad Thoriq Amin atas tuntasnya 30 juz yang dihafal. Tetap semangat dan istikamah dalam menjaga hafalan. Apa pun yang terjadi, tak perlu sangar dan tenar, yang penting hafalannya terjaga dengan lancar.

Kontributor: Ustaz Wahyu Almanda

Posting Komentar untuk "Muhammad Thoriq Amin, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Kelas XII MATIQ, Tuntaskan Hafalan Al-Qur’an"