Program Leadership Siapkan Santri Qoryatul Qur’an Jadi Pemimpin Orang-Orang Bertakwa

PPTQ Qoryatul Qur’an memandang penting bagi sebuah pondok pesantren harus ada program leadership. Untuk itulah, salah satu kegiatan di unit MTs dan MA Qoryatul Qur’an putra, adalah pelatihan leadership. Yang pada tahun ajaran 2023/2024 ini diprogramkan rutin setiap hari Sabtu.

Pada pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di komplek Jonggring Saloka, hari Sabtu, 12 Agustus 2023, tim leadership Qoryatul Qur’an menyampaikan banyak hal terkait seberapa pentingnya program tersebut bagi para santri.

Leadership
Tim leadership QQ memberi arahan para santri

Dengan program ini, meminjam istilah dari tim leadership, para santri dididik menjadi laki-laki bertulang keras, bukan bertulang lunak. Menjadikan seperti ayam kampung, bukan ayam sayur.

Ayam kampung itu ketika dilepas, dia bisa mencari makan sendiri. Sementara ayam sayur, jangankan untuk mencari makan, mendengar suara geledek saja bisa membuatnya mati.

Tim leadership diamanahi oleh pesantren untuk mendidik para santri. Yang juga merupakan amanah para wali santri yang menitipkan anaknya di pesantren. Mereka selalu berdoa, seperti tersebut dalam salah satu ayat Al-Qur’an berikut ini.

وَا لَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَـنَا مِنْ اَزْوَا جِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّا جْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَا مًا

Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan 25: Ayat 74)

Leadership mengajarkan santri menjadi anak yang menyejukkan pandangan hati bagi kedua orang tua atau istilah yang kita kenal qurrata ayun.

Qurrata ayun menurut Ibnu Abbas, maksudnya adalah keturunan yang mengerjakan ketaatan, sehingga dengan ketaatannya itu membahagiakan orang tuanya di dunia dan akhirat.

leadership qq
Leadership membentuk mental disiplin

Leadership menjadi sarana pesantren untuk mengajarkan bagaimana para santri agar kelak bisa menjadi pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa, yang selalu mengerjakan perintah Allah ﷻ dan menjauhi larangan-Nya.

Leadership juga didasari pada perintah Allah agar senantiasa bersiaga dengan segala kemampuan yang dimiliki, sebagaimana yang termaktub dalam Surat Al-Anfal ayat 60. Agar kelak ketika menghadap Allah ﷻ kita bisa menjawab atas perintah dan tanggung jawab tersebut.

Program ini juga untuk mengajarkan menjadi santri yang menjaga adab dan perilaku. Dengan menjadi santri yang beradab maka akan bisa mengarahkan bagaimana menggunakan ilmu yang dimiliki itu untuk kebaikan.

Kegiatan leadership dilaksanakan outdoor untuk menyiapkan jasmani yang tegap dan tangkas. Juga untuk menumbuhkan disiplin dan secara tak langsung menanamkan rasa tanggung jawab. Semoga Allah ﷻ meridai setiap langkah ini.

Kontributor: Ustaz Aldi Ahmad

Posting Komentar untuk "Program Leadership Siapkan Santri Qoryatul Qur’an Jadi Pemimpin Orang-Orang Bertakwa"