Kegiatan MOS-QU Kenalkan Santri Baru 2023 dengan Lingkungan Pesantren Qoryatul Qur’an

Geliat kegiatan di awal tahun ajaran 2023/2024 dimulai dengan acara Khutbah Ta'aruf yang dilaksanakan terpusat oleh PPTQ Qoryatul Qur’an bertempat di Komplek Asem Legi, Gabeng. Khutbah Ta'aruf digelar pada hari Selasa, 11 Juli 2023 sekaligus membuka kegiatan MOS-QU, masa orientasi santri baru QQ 2023.

MOS-QU digelar hari Rabu, 12 Juli 2023 dan berakhir pada hari Sabtu, 15 Juli 2023. Tempatnya terpisah sesuai komplek masing-masing. Untuk santri baru MTs putra di Komplek Kauman, santri baru MTs putri di Asem Legi, santri baru MA putra di Kauman, dan santri baru MA putri di Pucung.

Untuk mahasantri MAQRA dan Ma’had Aly putra mengikuti MOS-QU di Komplek Jonggring Saloka, sementara mahasantri MAQRA dan Ma’had Aly putri melaksanakan MOS-QU di Komplek Babadan.

qq
Kegiatan MOS-QU untuk santri baru QQ

Sebagai informasi, jumlah total santri baru yang hadir adalah 359 santri. Terdiri dari unit MTs TQ putra berjumlah 55 santri, putri 92 santri dengan total 147 santri. Dari unit MA TQ Jurusan IPA putra 34 santri, putri 70 santri, total 104 santri.

Unit MA jurusan Keagamaan putra 24 santri putri 36 santri, total 60 santri. Unit MAQRA putra 15 mahasantri putri 33 mahasantri, total 48 mahasantri. Keseluruhan 128 putra dan 231 putri sehingga total berjumlah 359.

Dalam kegiatan MOS-QU, berbagai materi dan kegiatan bagi santri baru bertujuan agar lebih mengenal lingkungan pesantren, mengenal asatidz, dan antarsantri. Berbagai tema materi dan pengisi disiapkan oleh panitia.

Materi tentang Pengenalan Lingkungan disampaikan oleh Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I, M.P.I, Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., dan Ustaz Nashrudin. Materi tentang Sejarah Pesantren disampaikan oleh Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I, Ustaz Hasyim Makmun Tohar, dan Ustazah Niken Susilowati, S.Pd.I.

Kemudian materi Pelurusan Niat Tholabul Ilmi disampaikan oleh Ustaz Bambang Wahyudi, S.E dan Ustaz Hartanto, S.Pd.I. Materi Simulasi Adab Penerapan 5S oleh Ustaz Muhammad Negus dan Ustaz Salman Al Farisi. Lalu materi Kiat dan Cara Menghafal Al-Qur’an disampaikan oleh Ustaz Umar Ar-rifai, S.Pd.I.

Gambaran Pembelajaran disampaikan oleh Ustaz Faris Ahmad, Lc. Gambaran Pengasuhan oleh Ustaz Edi Casedi dan Ustazah Niken. Materi Daily Activity dan Simulasi Kegiatannya oleh Ustaz Rosyid, Ustazah Nurul, dan Ustazah Salsa.

Kemudian materi Penyetandaran Ibadah Wudu, Salat, dan Praktiknya disampaikan oleh Ustaz Zahid, Ustaz Lathif, Ustazah Ama, dan Ustazah Erliana. Keseluruhan materi disampaikan terbagi dalam 3 sesi setiap harinya.

Penutupan MOS-QU diserahkan ke masing-masing komplek secara serempak pada hari Sabtu, 15 Juli 2023. Semoga kegiatan sepekan ini bisa memberikan gambaran pada santri baru tentang aktivitas hariannya nanti, serta bagaimana menerapkan adab di pesantren. Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kegiatan MOS-QU Kenalkan Santri Baru 2023 dengan Lingkungan Pesantren Qoryatul Qur’an"