Pamitan Liburan, Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Gelar Buka Bersama di Rumah Ustaz Setyadi Prihatno

Kamis, 28 Maret 2024. Para mahasantriwati Ma’had Aly Qoryatul Qur’an menyelenggarakan ifthar bersama di rumah Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I. Acara dimulai bakda Asar, dipandu oleh Ustaz Salman Al Farisi Al Hafizh.

Diawali dengan perwakilan mahasantriwati atas nama Alma yang menyampaikan maksud berkumpulnya di rumah Ustaz Setyadi, yakni yang pertama adalah untuk sowan dan silaturahmi.

Buka bersama
Ma'had Aly QQ Putri buka puasa bersama di rumah Pak Direktur

“Selanjutnya, kami memohon maaf kepada Ustaz karena banyak salah,” kata Alma. “Kami minta agar diberi nasihat dan bimbingan oleh Ustaz agar menjadi pribadi lebih baik dan bermanfaat.”

Ustaz Salman juga menyampaikan bahwa mahasantri putri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an akan perpulangan libur akhir Ramadan dan Lebaran mulai Ahad, 31 Maret 2024.

Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I mengatakan tidak suka menasihati, tapi lebih senang mengajak berpikir bersama dan mengamalkan yang menjadi seruan dari Allah dan rasul-Nya, di antaranya pada ayat berikut ini.

هُوَ الَّذِىْۤ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِالْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ ۝ يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ اَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَارَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ اَلِيْمٍ ۝

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci. Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (QS As-Saff : 9-10)

Bagi kita orang beriman, dengan adanya seruan pada ayat di atas, tentulah menyambut dengan penuh semangat. Allah dan rasul-Nya menawarkan perniagaan yang menyelamatkan dari neraka, maka marilah kita sambut dengan gembira.

Ustaz Setyadi mengajak bersyukur meski berulang kali sebagai santri menampilkan performa kurang bagus, tapi oleh ustazah tetap didampingi dengan sabar selama berproses sampai sukses.

Bayangkan kalau keburukan performa itu langsung divonis sebagai kegagalan dan tak didukung untuk melanjutkan proses, betapa sangat mengecewakan, baik santri yang berproses maupun orang tua di rumah.

Ustaz Setyadi Prihatno
Ustaz Setyadi ajak mahasantri renungkan perintah Allah

Dukungan dalam meneruskan proses menuju sukses dari asatiz bahkan kedua orang tua, adalah sebuah motivasi yang harus disyukuri. Sehingga nanti tiba saatnya kesuksesan dalam berbagai pencapaian.

Untuk itu, Ustaz Setyadi mengajak santri agar tidak mengabaikan orang-orang yang senantiasa setia mendukung dan menunggu proses, bahkan dengan sekian performa yang belum sesuai target.

“Pesantren kita senantiasa setia menemani para santri berproses. Jangan pernah sekalipun mengabaikan siapapun yang memberi dukungan kepada kita. Jangan malah kalian lebih respek pada orang lain yang tidak mendukungmu ke arah kebaikan,” kata Ustaz Setyadi.

PPTQ Qoryatul Qur’an dengan tulus memberikan yang terbaik untuk para santri. Sudah seharusnya para santri mulai berpikir akan hal ini. Betapa pesantren senantiasa mendampingi meski para santri punya kurang di sana-sini.

Ustaz Setyadi melanjutkan ayat di atas, bagi kaum beriman yang mau menerima tawaran perniagaan yang menyelamatkan dari api neraka, adalah dengan beriman dan berjihad di jalan Allah.

تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِىْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّـكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَۙ

(Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (QS As-Saff : 11)

Berjihad itu dengan apa saja, tak hanya bermakna perang, jihad itu bisa dengan ilmu kita, dengan Qur’an kita, apapun potensi yang dimiliki untuk dipergunakan untuk jihad di jalan Allah. Dan ini adalah langkah terbaik bagi kita yang mengetahui.

Dan karunia dari Allah bagi kita yang bersedia berniaga dengan-Nya, maka akan mendapat ampunan dosa, masuk ke surga, dan dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana disebut pada ayat selanjutnya.

يَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِىْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ وَمَسٰكِنَ طَيِّبَةً فِىْ جَنّٰتِ عَدْنٍۗذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُۙ

Niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosamu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dan (memasukkan kamu) ke tempat tinggal yang baik di dalam jannah 'Adn. Itulah keberuntungan yang besar. (QS As-Saff : 12)

Setelah bersama-sama mendengarkan ajakan Ustaz Setyadi Prihatno atas seruan Allah dan Rasul-Nya pada Surat As-Saff ayat 9-12 tersebut, acara diakhiri dengan hamdalah dan doa kafaratul majelis bersamaan azan Maghrib berkumandang.

Posting Komentar untuk "Pamitan Liburan, Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Gelar Buka Bersama di Rumah Ustaz Setyadi Prihatno"