Tebar Kebahagiaan Ramadan 1445 H, PPTQ Qoryatul Qur’an Berbagi Bingkisan untuk Masyarakat Sekitar Pesantren

PPTQ Qoryatul Qur’an berbagi kebahagiaan Ramadan 1445 H untuk masyarakat sekitar komplek pondok pesantren di segenap komplek. Program ini terlaksana rutin setiap tahun ketika bulan Ramadan tiba.

Tahun ini, bingkisan yang dibagikan untuk komplek Pucung sejumlah 71 bingkisan, komplek Kauman sejumlah 73 bingkisan, komplek Asemlegi Gabeng sejumlah 70 bingkisan, komplek Babadan sejumlah 35 bingkisan.

Kemudian untuk komplek Jonggring Saloka sejumlah 30 bingkisan, komplek Alasombo sejumlah 36 bingkisan, dan komplek Jetis sejumlah 40 bingkisan.

Pembagian sembako
Bingkisan sembako untuk masyarakat sekitar pesantren

Selain itu, bingkisan juga dibagikan melalui Griya Tahfizh (GT) Grogol sejumlah 35 bingkisan. Sasaran lainnya adalah para pengajar griya tahfiz Qoryatul Qur’an sejumlah 16 bingkisan, dan untuk para bapak tukang yang membantu pembangunan sejumlah 32 bingkisan.

“Totalnya, pesantren membagikan sejumlah 438 bingkisan kepada masyarakat sekitar pesantren, pengajar GT, dan pak tukang,” ungkap Ustaz Adi Prayogo, M.Pd selaku koordinator QQ Peduli. “Untuk pendistribusiannya kami pasrahkan ke masing-masing komplek.”

Komplek Jonggring Saloka yang dihuni para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an dan santri akselerasi Ta'jil, telah membagikan bingkisan kepada warga masyarakat Dukuh Tegalrejo pada hari Selasa, 26 Maret 2024.

Di hari yang sama, seluruh santriwati kelas 3 Imtaq bersama seluruh ustaz dan ustazah komplek Jetis juga sudah bergerak membagikan bingkisan kepada masyarakat di Dukuh Jetis Krajan.

Untuk komplek Alasombo, baru bisa mengedarkan bingkisan sembako tersebut pada hari Rabu, 27 Maret 2024, dengan sasaran warga Dukuh Jatirejo, Dukuh Mojosari, dan Dukuh Lampeng. Terhitung 36 bingkisan sudah tersalurkan. 

Komplek Pucung pun baru mendistribusikan bingkisan di hari Rabu, 27 Maret 2024. Sasarannya adalah masyarakat Dukuh Pucung, Dukuh Babadan, dan Dukuh Ngijo.

Komplek Babadan yang ditempati para mahasantri putri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an, juga telah membagikan bingkisan untuk masyarakat sekitar sekaligus menjadi sarana silaturahmi dengan masyarakat.

Pada hari yang sama, komplek tertua Kauman juga sudah bergerak menyalurkan bingkisan tebar kebahagiaan kepada masyarakat sekitar, yakni masyarakat Dukuh Kauman, oleh para ustaz dibantu santri.

Tujuan program ini, seperti yang dikatakan salah seorang asatiz Kauman yakni Ustaz Muhammad Rizal Habib, adalah untuk menyampaikan amanah pesantren berbagi kebahagiaan di bulan yang suci.

Momen ini juga sekaligus sebagai ajang silaturahmi pada warga sekitar. Sekaligus kesempatan menyampaikan permohonan maaf kalau ustaz dan santri ada salah atau hal yang kurang berkenan selama ini dengan warga.

“Kita juga minta doa pada warga agar pesantren terus maju berkembang dan bisa bermanfaat lebih luas lagi untuk umat,” kata Ustaz Rizal Habib. “Tak lupa juga sekalian pamit kalau besok santri akan liburan panjang sampai Syawal.”

Demikian rangkaian pelaksanaan distribusi bingkisan sembako untuk masyarakat sekitar pesantren yang telah selesai pembagiannya. Semoga bermanfaat dan menumbuhkan kecintaan masyarakat dengan pesantren dan sebaliknya. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Tebar Kebahagiaan Ramadan 1445 H, PPTQ Qoryatul Qur’an Berbagi Bingkisan untuk Masyarakat Sekitar Pesantren"