BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Gelar Seminar “Zillenial Berani Hijrah”

Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri yang berkomplek di Babadan, Karangmojo, Weru, punya gawe kegiatan seminar untuk remaja putri dalam wadah Silaturahmi Pemudi Muslim (SODIUM) II.

Seminar yang mengusung tema “Zillenial Berani Hijrah” ini diselenggarakan pada hari Ahad, 3 Desember 2023. Bertempat di gedung MITQ Qoryatul Qur’an komplek Asemlegi, Gabeng. Acara dimulai dari pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Kegiatan yang diinisiasi BEM Ma’had Aly Putri ini bertujuan untuk menjalankan salah satu sunnah Rasulullah ﷺ yakni mempererat ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi. Untuk meningkatkan wawasan keilmuan para pemudi muslim.

Diharapkan dengan mengikuti seminar ini juga bisa memberikan motivasi kepada remaja agar selain takwa tetapi juga cerdas dan berakhlak mulia. Dan tak kalah penting adalah menumbuhkan jiwa dakwah.

Acara ini di hadiri oleh para direktorat PPTQ Qoryatul Qur’an, para asatizah, dan para tamu undangan delegasi dari 24 sekolah tingkat SMA se-Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya.

Acara pembukaan oleh MC, lanjut tilawatil Qur’an oleh Shofi Rayhana Maria Ulfa. Setelahnya, sambutan-sambutan dari yayasan dan direktorat, di antaranya Ustaz H. Wiyana, Syekh Mudhofar dari Palestina, Ustaz Ihsan Saifuddin, dan Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I.

Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan kultum pembuka yang di tampilkan oleh salah satu santri putri MTsTQ Qoryatul Qur’an. Kemudian lanjut perkenalan ketua BEM dan sosialisasi oleh Ika Rahmawati, ketua panitia seminar.

Ki Seno
Ki Seno sampaikan materi tentang hijrahnya remaja zillenial

Tibalah pada acara inti seminar remaja yang disampaikan oleh Ustaz Ir. H. M. Seno Hadi Sumitro, M.Ag. Beliau adalah seorang ustaz yang juga berprofesi sebagai trainer LMT Solo dan familiar dengan sebutan Ki Seno.

Seminar yang dipaparkan berisikan motivasi hijrah untuk para pemuda di era zillenial. Selain berupa pemaparan materi, acara diwarnai juga dengan diskusi bersama para peserta.

Usai seminar inti, lanjut pemberian kenang-kenangan dari pesantren untuk pemateri yang diserahkan oleh Kepala unit Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I yang juga sekaligus kepala komplek Asemlegi, Gabeng.

Acara berikutnya sosialisasi pengenalan unit Ma’had Aly Qoryatul Qur’an sebagai jenjang lanjutan dari tingkat SMA, yang disampaikan oleh Ustaz Salman Al Farisi, Al Hafiz. Harapannya, peserta bisa mengetahui tentang jenjang Ma’had Aly di pesantren.

Seminar Remaja Putri
Foto bersama panitia, peserta, dan pemateri

Acara masih berlanjut dengan penyampaian testimoni dari 3 peserta. Kemudian pembagian Sertifikat Apresiasi untuk setiap sekolah yang telah mengirimkan perwakilan peserta pada acara ini, yang disampaikan oleh Ustazah Umi Lathifah, dilanjutkan penutup.

Kontributor: Roslina Ury

Posting Komentar untuk "BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Gelar Seminar “Zillenial Berani Hijrah”"